Ahad 15 Oct 2017 14:11 WIB

Gus Ipul-Azwar Anas Siap Ajak Partai Lain Menangkan Pilkada

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Indira Rezkisari
Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (kiri) dan pasangannya Azwar Annas diperkenalkan disaksikan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri ketika rakor pengumuman calon gubernur dan wakil gubernur di Kantor DPP PDI Perjuangan Jakarta, Ahad (15/10).
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (kiri) dan pasangannya Azwar Annas diperkenalkan disaksikan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri ketika rakor pengumuman calon gubernur dan wakil gubernur di Kantor DPP PDI Perjuangan Jakarta, Ahad (15/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon bakal gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf mengungkap siap bekerja keras bersama Abdullah Azwar Anas untuk Pilkada Jawa Timur 2018 mendatang. Hal ini setelah Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) resmi mengumumkan pasangan tersebut yang akan diusung dalam Pilkada Jatim.

"Seperti yang disampaikan Bu Ketua Umum, kita perlu kerja keras untuk supaya mendapatkan kepercayaan dari rakyat. Sebab ini bukan hanya menang atau hanya merebut kekuasaan," ujar Saifullah di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta pada Ahad (15/10).

Menurutnya, perlu kerja keras untuk bagaiamana mengelola pemerintahan dengan inovasi dan terobosan-terobosan supaya pencapaian dan kesejahteraan dapat dicapai lebih cepat. Ia menambahkan, keputusan DPP PDIP itu juga nantinya akan ia bawa untuk mengonsolidasikan ke partai lainnya.

"Saya ajak juga kekuatan-kekuatan lain. Partai-partai lain untuk bersama-sama koalisi yang tadi disebut Bu Mega koalisi merah putih tadi untuk sama-sama memajukan Indonesia lewat Jatim," katanya.

Terlebih kata Gus Ipul, ia merasa mendapat kehormatan dapat diusung oleh PDIP dan disandingkan dengan Azwar Anas. "Saudara Azwar anas itu adalah seorang bupati yang berprestasi, dalam waktu yang tidak terlalu lama kemiskinan di Banyuwangi dapat diatasi dengan cepat, menciptakan lapangan pekerjaan yang lebih luas dan sekaligus sektor pariwisata yang membanggakan sekali. Oleh karena itu saya merasa terhormat ya disandingkan bupati yang berprestasi ya," ungkap Mantan Ketua Umum GP Anshor tersebut.

Sementara bakal cawagub Jatim Azwar Anas yang juga saat ini merupakan Bupati Banyuwangi mengatakan sosok Gus Ipul, adalah sosok yang relevan dan dibutuhkan saat ini. "Gus Ipul ini orangnya humanis di tengah situasi seperti sekarang ini, saya kira sosok humanis sangat relevan. Saya ini hanya bantu saja.

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) hari ini mengumumkan resmi mengusung pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Abdullah Azwar Anas sebagai calon gubernur dan wakil gubernur dalam Pilkada Jawa Timur 2018. Keputusan resmi tersebut diumumkan secara langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri dalam konferensi pers rapat koordinasi pengumuman Provinsi Jawa Timur dan Sulawesi Selatan di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta pada Ahad (15/10).

"Saifullah Yusuf atau Gus Ipul ia pernah mendapat 31 penghargaan, lalu wakilnya Abdullah Azwar Anas, dia menjadi anggota MPR termuda saat dilantik 24 tahun," ujar Megawati.

Pascapengumuman, Megawati juga langsung menandatangani resmi surat rekomendasi bagi kedua pasangan tersebut bertarung dalam kancah Pilkada masing-masing daerah tersebut. Dalam sambutannya, Megawati mengungkap bagi PDIP dalam mencari dan memutuskan pasangan calon itu bukanlah sesuatu hal mudah hanya dengan menggunakan politik praktis semata. Ia menekankan, titik tolak yang dicari PDIP dari sosok calon kepala daerah adalah orang yang dapat menjalankan pemerintahannya dengan baik.

"Tidak gampang begitu saja, tapi bisa menjadi pemimpin yang baik bagi daerahnya. oleh karena itu dalam proses mencari calon saya mengatakan di jajaran partai untuk tidak sembarangan untuk bisa menggali tidak hanya internal partai tapi juga ekternal. Yang kita liat apa dia mumpuni atau dia bisa memimpin di wilayah masing-masing," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement