Selasa 10 Oct 2017 15:51 WIB

Pedagang LTC Glodok Berikan Bantuan ke Bali

Rep: Novita Intan/ Red: Winda Destiana Putri
Gunung Agung, Bali.
Foto: ABC News
Gunung Agung, Bali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Di bawah paguyuban Asosiasi pedagang LTC Glodok (Lindeteves Trade Center) Jakarta Barat, ribuan pedagang LTC Glodok, tergerak hatinya bahu membahu membantu meringankan penderitaan saudara-saudara yang saat ini sedang mengungsi akibat tingginya aktivitas vulkanik Gunung Agung. Tercatat ada hampir 100 ribu orang pengungsi, meninggalkan rumah mereka.

Dengan keadaan seperti ini, para pedagang melalui LTC Glodok (Lindeteves Trade Centre) memberikan bantuan berupa ribuan masker dan sembako kepada ribuan pengungsi yang tersebar dibeberapa titik di daerah Bali. "Bantuan ini diharapkan dapat membantu saudara-saudara yang ada dipengungsian, walau masih jauh dari yang dibutuhkan oleh pengungsi," ujar Ketua P3SRS LTC Glodok, Alex Suharly di Jakarta, Selasa (10/10)

Gunung yang tingginya mencapai 3.142 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini tercatat mengalami peningkatan aktivitas sejak satu bulan terakhir. Sebelumnya, tepatnya 14 September lalu, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi sempat meningkatkan status Gunung Agung dari aktif normal menjadi waspada.

Adanya gempa vulkanik Gunung Agung di Bali yang terus menerus berlangsung menyebabkan masyarakat melakukan evakuasi mandiri ke sejumlah tempat yang aman. Jumlah pengungsi Gunung Agung pun terus bertambah. Hingga Selasa (26/9) pukul 12.00 WITA, jumlah pengungsi yang tercatat di Pusdalops BPBD Bali mencapai 75.673 jiwa.

Pengungsi ini tersebar di 377 titik pengungsian di 9 kabupaten/kota di Bali. Dan diperkirakan data jumlah pengungsi masih bertambah karena pendataan masih terus dilakukan.

Berdasarkan sebaran pengungsi di kabupaten/kota, sebanyak 756 pengungsi berada di 9 titik pengungsian di Kabupaten Badung. Lalu Kabupaten Bangli 29 titik (4.890 jiwa), Kabupaten Buleleng 24 titik (8.518 jiwa), dan Kota Denpasar 27 titik (2.539 jiwa).

Kemudian di Kabupaten Gianyar 12 titik (540 jiwa), Jembrana 4 titik (82 jiwa), Kabupaten Karangasem 93 titik (37.812 jiwa), Kabupaten Klungkung 162 titik (19.456 jiwa), dan Kabupaten Tabanan 17 titik (1.080 jiwa).

"Ribuan masker dan sembako rencannya akan distribusikan ke beberapa posko penampungan pengungsi di lokasi Karang Asem, dimana jumlah pengungsi terbilang cukup banyak," tambah Head of Partnership ACT, Catur Widodo. Penyerahan bantuan dari pedagang LTC Glodok ini akan disalurkan melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement