Senin 09 Oct 2017 22:32 WIB

Satu Rumah Tertimbun Tanah Longsor di Ibun Bandung

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Andi Nur Aminah
Rumah warga yang tertimbun tanah longsor (ilustrasi)
Foto: Antara/Adeng Bustomi
Rumah warga yang tertimbun tanah longsor (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, IBUN -- Sebagian rumah milik Tini (18) di Kampung Pasir Rincang RT 02 RW 02, Desa Dukuh, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung tertimbun tanah longsor akibat adanya pergeseran tanah sekitar pukul 19.30 WIB, Senin (9/10). Meski tidak ada korban jiwa namun kamar kosong di rumahnya yang tertimbun tanah longsor mengalami rusak berat.

Diperkirakan kejadian tanah longsor akibat tanah sawah yang kering dan retak serta di guyur hujan lebat. Kondisi itu akhirnya menimbulkan pergerakan tanah. Diketahui, lokasi sawah berada dipingggir atas rumah korban.

Kapolsek Ibun, Iptu Asep Dedi mengatakan saat ini korban mengungsi ke tempat keluarganya. Rencananya, Selasa (10/10) akan dilaksanakan kerja bakti bersama masyarakat dan pimpinan serta satuan petugas di kecamatan Ibun membersihkan tanah longsor.

"Kondisi longsor panjang 15 meter, lebar empat meter, tinggi enam meter menimpa rumah Tini," ujarnya, Senin (9/10). Dia mengatakan, saat longsor terjadi korban tengah tidur di kamar lainnya dan mendengar suara dari kamar kosong di sebelahnya.

Menurutnya, kamar kosong tersebut sudah jebol oleh tanah dari sawah yang berada di pinggir atas rumahnya. Kemudian korban meminta bantuan kepada tetangga dan kepala desa meminta bantuan Polsek Ibun beserta satgas bencana di Kecamatan Ibun. Dia menambahkan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut dan hanya kerugian berupa jebolnya dinding kamar kosong milik korban.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement