Jumat 29 Sep 2017 09:27 WIB

Simalungun Matangkan Rencana Kereta Api Danau Toba

Seorang turis lokal memandangi keindahan Danau Toba dari atas bukit.
Foto: Dok: Puskompublik Kementerian Pariwisata
Seorang turis lokal memandangi keindahan Danau Toba dari atas bukit.

REPUBLIKA.CO.ID, SIMALUNGUN -- Pemerintah Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara, mematangkan rencana pembukaan jalur rel kereta api ke kawasan Danau Toba untuk mendukung pengembangan pariwisata. "Kemarin, Bupati Simalungun dan pihak PT KAI sudah menandatangani MoU (nota kesepahaman) di Bandung, Jawa Barat, " kata Kepala Bappeda Kabupaten Simalungun Sarimuda Purba di Simalungun, Jumat (29/9).

Secara umum, nota kesepahaman itu tentang pengembangan kawasan Danau Toba dan pemanfaatan lahan di Kabupaten Simalungun untuk jalur perkeretaapian. Untuk langkah selanjutnya, Pemerintahan Kabupaten Simalungun akan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan. Pemerintah setempat ikut serta dalam menentukan lokasi lintasan rel kereta api tersebut.

Ia mengharapkan pembukaan jalur kereta api dimulai dari Kota Pematangsiantar, Sumatra Utara, melintasi sejumlah wilayah Kabupaten Simalungun itu, mampu mengekspose objek-objek wisata sekitarnya. Sarimuda menegaskan komitmen Pemerintah Kabupaten Simalungun untuk mengembangkan kawasan Danau Toba dengan mendukung pembangunan sarana dan prasarana secara memadai.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement