Selasa 26 Sep 2017 19:02 WIB

Dinkes Kota Bandung akan Luncurkan Konseling 'Kekasih'

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Dwi Murdaningsih
Ahli gizi menyarankan para orang tua untuk melibatkan anak dalam merencanakan menu hidangan berbuka puasa dan makan sahur.   (ilustrasi)
Foto: Republika/ Prayogi
Ahli gizi menyarankan para orang tua untuk melibatkan anak dalam merencanakan menu hidangan berbuka puasa dan makan sahur. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus berupaya menghadirkan inovasi dalam pelayanan dan programnya demi kesejahteraan masyarakat di Kota Bandung. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung memiliki program baru bernama Kekasih (Kendaraan Konseling Silih Asih).

Kekasih akan diluncurkan dalam waktu dekat oleh Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil. Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Rita Verita menuturkan Kekasihadalah kendaraan yang akan hadir memberikan pelayanan konsultasi kesehatan dan program inovasi jemput bola, dengan tujuan memberi solusi terhadap psikologis warga Bandung.

"Kami desain sedemikian agar menarikan dan membuat masyarakat ingin berkonsultasi. Bagi yang membutuhkan konseling ini hadir di beberapa taman taman, seperti taman Lansia, taman Cikapayang dan Taman Dewi Sartika," kata Rita di Balai Kota Bandung, Selasa (26/9).

Ia mengatakan pada tahap pertama ini Pemkot Bandung menyediakan tiga unit kendaraan untuk berkeliling di sejumlah titik strategis di kota Bandung. Menurutnya, ditempatkan beberapa taman di kota Bandung agar masyarakat lebih mudah mengakses lokasi. Dengan kemudahan tersebut maka masyarakat akan lebih leluasa dan mudah untuk melakukan konseling.

 

"Taman kan tempatnya terbuka, jadi jika ada yang konseling ke kami, itu bebas dan suasanua nyaman nggak bosan seperti di ruangan," ujarnya.

Ditambahkan Rita, dalam satu tim mobil Kekasih Juara ada 8 orang. Diantaranya, untuk HIV Aids, kesehatan reproduksi, Psikologi, ahli Gizi, KUA, dan konseling untuk berhenti merokok.

"Tim ini kami berikan yang berbeda agar ketika masyarakat melakukan konseling tidak hanya pada satu permasalahan saja, tetapi di bagian lain pun bisa melakukan konseling," kata dia.

Ditambahkan Rita, untuk jadwal konseling dimulai Setiap hari Ahad selama tiga jam. "Saya harap dengan jawdal konseling ini mudah mudahan animo masyarakat baik. Dengan keberadaan kendaraan konseling ini diharapkan bisa membantu dan memberikan solusi bagi permasalahan yang ada pada masyarakat," kata dia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement