Sabtu 23 Sep 2017 10:06 WIB

FMM Undang Kivlan Zen dan Prabowo Nobar Film G30S/PKI

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Karta Raharja Ucu
Kivlan Zen
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Kivlan Zen

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Forum Masyarakat Minang (FMM) berencana mengadakan nonton bareng (nobar) film pengkhianatan G30S/PKI di Lapangan Imam Bonjol, Kota Padang, Sabtu (30/9) mendatang. Selain itu, acara serupa juga akan digelar di Lapangan Kantin, Kota Bukittinggi dan dibarengi dengan doa bersama untuk Etnis Rohingya.

Ketua FMM Irfianda Abidin menyebutkan, pihaknya berencana mengundang Mayor Jenderal Purnawirawan TNI Kivlan Zen dan Ketua Umum DPP Gerindra Prabowo Subianto untuk hadir dalam acara nobar film G30S/PKI di Bukittinggi pekan depan. Kedua sosok tersebut, lanjutnya, dikenal sebagai simbol perlawanan terhadap upaya penghidupan kembali PKI di Indonesia.

"Kalau saya yang sudah berumur 8 tahun ketika kejadian itu terjadi merasakan sekali. Kalau mahasiswa atau yang umur 40 tahun ke bawah barangkali tidak menyaksikan," kata Irfianda.

 

Sementara itu, Direktur LBH Kota Padang Era Purnama Sari memandang pemutaran film sejatinya merupakan hak dan kebebasan bagi setiap elemen masyarakat. Termasuk, lanjutnya, pemutaran kembali film G30S/PKI merupakan hak bagi masyarakat untuk menyaksikannya.

 

"Tapi kalau kita melarang satu pihak memutar film dan melarang pihak lain memutar lagi ya tidak fair. Jadi ya silakan saja. Setiap orang bisa memproduksi film," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement