Kamis 21 Sep 2017 18:34 WIB

Warga Sukabumi akan Gelar Nobar Film PKI di Lapangan Merdeka

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Bayu Hermawan
Poster film Pengkhiatan G30S PKI.
Foto: wikipedia.com
Poster film Pengkhiatan G30S PKI.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Warga Kota Sukabumi akan menggelar nonton bareng (Nobar) film Pengkhianatan G30S/PKI pada 30 September mendatang. Rencananya, pemutaran film G-30S/PKI ini akan dilakukan di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi.

"Sebenarnya saat ini di tengah masyarakat ada yang sudah menonton film tersebut," ujar Dandim 0607/ Kota Sukabumi Letkol Inf M Mahfud Asat kepada Republika.co.id, Kamis (21/9).

Ia menjelaskan, rencananya akan dilakukan di desa-desa, pondok pesantren (ponpes), dan sekolah-sekolah. Selain itu kata Mahfud, pada Sabtu 30 September mendatang akan dilakukan Nobar film tersebut yang rencananya berlokasi di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi.

"Acara Nobar film G-30S/PKI ini untuk mengingatkan sejarah bangsa khususnya peristiwa G-30S/PKI seperti yang disampaikan Panglima TNI," katanya.

Mahfud menuturkan, kegiatan nobar film ini juga dikarenakan adanya keinginan dari masyarakat. Ia mengatakan, warga merasa khawatir PKI bangkit kembali karena ada beberapa kasus munculnya lambang-lambang komunis.

Salah seorang warga Kota Sukabumi Rahmat (43) mengatakan, pemutaran film G-30S/PKI ini cukup positif dalam memberikan informasi sejarah kepada masyarakat. "Jangan sampai peristiwa yang kelam tersebut terulang di masa datang," ucapnya.

Menurutnya, generasi muda harus paham mengenai sejarah bangsa khususnya pemberontakan PKI. Hal ini kata dia untuk mencegah adanya pemutarbalikan fakta sejarah.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement