Senin 04 Sep 2017 09:03 WIB

Menlu Tiba di Myanmar Bahas Isu Muslim Rohingya

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Indira Rezkisari
Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi.
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Luar Negeri Retno Marsudi tiba di Yangon, Ahad (3/9) malam. Retno langsung dijemput Duta Besar Indonesia untuk Myanmar Ito Sumardi beserta dua pejabat tinggi Myanmar yaitu, Deputi Direktur Jenderal Protokol, U Zaw Thomas O serta Dirjen Strategic Study Kementerian Luar Negeri Myanmar, Daw Khay Thi.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Amantha Natsir mengatakan, Retno Marsudi akan bertemu menuju ibukota Myanmar, Naypyudaw pagi ini untuk melakukan pertemuan dengan State Counsellor, Daw Aung San Suu Kyi, dilanjutkan dengan pertemuan dengan beberapa menteri lain. "Pertemuan akan dilakukan seharian. Sore hari, Menlu RI akan kembali ke Yangon," kata Amantha melalui siaran pers Istana Negara, Senin (4/9).

Setelah melakukan sejumlah hal, pada Selasa (5/9), Retno Marsudi akan menuju ke Dhaka Bangladesh. Di sana Retno akan bertemu dengan menteri luar negeri Bangladesh guna membahas isu para pengungsi muslim Rohingya yang melarikan diri dari Myanmar.

Presiden Joko Widodo dengan tegas menyesalkan aksi kekerasan yang terjadi di sana. "Saya dan seluruh rakyat Indonesia, kita menyesalkan aksi kekerasan yang terjadi di Rakhine State, Myanmar," kata Joko Widodo kemarin malam.

Presiden menegaskan perlu aksi nyata bukan hanya pernyataan kecaman-kecaman. Presiden Joko Widodo mendesak pemerintah Myanmar untuk secepatnya menghentikan aksi kekerasan dan memberikan perlindungan bagi semua etnis dan pemeluk agama serta memberikan akses bagi bantuan kemanusiaan.

"Saya telah menugaskan Menlu Republik Indonesia, Menteri Luar Negeri, menjalin komunikasi intensif dengan berbagai pihak termasuk Sekjen PBB Bapak Antonio Guterres dan Komisi Penasihat Khusus Untuk Rakhine State, Bapak Kofi Annan," ia menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement