Rabu 23 Aug 2017 23:13 WIB

Puskesmas Perlu Dikuatkan untuk Jaga Masyarakat Tetap Sehat

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Winda Destiana Putri
Puskesmas
Puskesmas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek mengatakan, pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) perlu dikuatkan karena sebagai penjaga supaya masyarakat tetap sehat. Nila menerangkan, penguatan puskesmas dibutuhkan karena sebagai penjaga yang menjaga masyarakat agar tetap sehat atau yang sakit menjadi sehat.

Untuk itu, pembangunan puskesmas utamanya di daerah terpencil perbatasan kepulauan (DTPK) penting. Ia menambahkan, penguatan kelengkapan sarana prasarana puskesmas didukung dengan anggaran pembangunan hingga senilai Rp 13 miliar per puskesmas.

Pihaknya ingin persoalan kesehatan dilihat sejak di hulu. Ia juga mengaku bekerja sama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi untuk mengaktifkan dan mengefektifkan pos pelayanan terpadu (posyandu), Pos Binaan Terpadu (posbindu) termasuk di daerah.

"Kalau tidak bekerja sama maka tidak mungkin dicapai," ujarnya saat pidato acara penandatanganan nota kesepahaman antara Kemenkes dengan pemda kabupaten/kota penempatan tim Nusantara Sehat angkatan kedua 2017 (batch 7), di Jakarta, Rabu (23/8).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement