Jumat 18 Aug 2017 18:03 WIB

Orang Tua Diimbau Dukung Anak Ikut Pramuka

Sejumlah anggota Pramuka sedsang melaksanakan upacara (ilustrasi)
Foto: Rakhmawaty La'lang/Republika
Sejumlah anggota Pramuka sedsang melaksanakan upacara (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKALIS -- Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Proovinsi Riau mengimbau para orang tua di daerah itu agar tidak ragu-ragu memberikan kesempatan sekaligus dukungan kepada putra-putrinya untuk mengikuti kegiatan kepramukaan. "Sebagai wadah pendidikan nonformal, sepengetahuan kami hanya di gerakan Pramuka tidak adanya sekat-sekat politik, daerah, agama dan sebagainya. Semua terlebur menjadi kebhinekaan yang indah," kata Bupati Bengkalis, Amril Mukminin saat Apel HUT Pramuka ke-56 yang dipusatkan di Lapangan Tugu, Jumat (18/8).

Menurut Amril, Pramuka dapat menyatukan bangsa ini ketika banyak pihak yang memiliki berbagai kepentingan yang bisa memicu perpecahan. "Potensi gerakan pramuka sangat besar, mimpi dan visi-misinya besar, anggota tersebar di seluruh pelosok tanah air, dan jaringan yang kuat dengan organisasinya yang terstruktur secara sistematis," ujar Amril.

Sebagaimana sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault, mengutip pesan Bung Karno yang dibacakan Bupati Amril Mukminin, dia mengatakan berusahalah sehebat-hebatnya untuk mengembangkan dan meluaskan gerakan kita. "Sampai pada suatu ketika setiap anak dan pemuda serta pemudi kita, baik mahasiswa yang di kota maupun yang menggembala kerbau di desa, dengan rasa bangga dan terhormat dapat menyatakan 'Aku Pramuka Indonesia'," katanya.

Untuk itu dia mengatakan perlunya mendukung setiap kegiatan positif putra putri terlebih lagi dalam kegiatan pramukaa. Usai upacara peringatan Hari Pramuka ke-56, diserahkan penganugerahan tanda penghargaan Melati, untuk Ketua Kwartir Cabang Bengkalis Umran, Wakil Ketua Agus Sofyan dan Jumali, Sekretaris Jamhur.

Selanjut penganugerahaan lima tahunan (Panca Warsa) sebanyak 20 orang. Sedangkan penganugerahaan Dharma Bakti diberikan kepada Arianti selaku Andalam Cabang Urusan Bina Warsa Putri.

Penghargaan itu diberikan, kendati Gerakan Pramuka Indonesia dinilai sangat berjasa dengan menyumbangkan tenaga dan pikirannya, serta prestasi kerja yang dapat dibanggakan dan bermanfaat bagi perkembangan Gerakan Pramuka.

Upacara HUT Pramuka itu juga diikuti sejumlah pejabat tinggi pratama, administrator dan pengawas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, serta diikuti siswa/Siswi SLTA setingkat Panegak, SLTA setingkat Penggalang, Siswa/Siswi SD setingkat Siaga dan para pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) 0404 Gerakan Pramuka Bengkalis.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement