Kamis 17 Aug 2017 23:40 WIB

Ini Cara Jamaah Haji Peringati HUT RI di Penerbangan ke Arab

Rep: S Bowo Pribadi/ Red: Bilal Ramadhan
 Sejumlah petugas haji Indonesia sedang menyambut kedatangan jamaah haji Indonesia di Bandara Madinah, Arab Saudi. (Ilustrasi)
Foto: Republika/Amin Madani
Sejumlah petugas haji Indonesia sedang menyambut kedatangan jamaah haji Indonesia di Bandara Madinah, Arab Saudi. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN — Para jamaah haji asal Kabupaten Semarang dan Kabupaten Grobogan memiliki cara tersendiri dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-72. Saat dalam penerbangan dari tanah air menuju Jeddah, jamaah haji kelompok terbang (kloter) 64 embarkasi Solo ini melakukannya dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya di dalam pesawat Garuda GA 6413.

Sebuah video berdurasi 2 meit 40 detik yang telah diunggah melalui laman youtube, menunjukkan aktivitas para jamaah haji tersebut. Dalam video ini terlihat seorang jamaah perempuan berdiri dan bertindak sebagai dirijen untuk  memimpin para jamaah menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Sementara sebagian jamaah yang tertangkap kamera juga ikut berdiri untuk menyanyikannya. Beberapa jamaah juga tampak lainya juga menyanyikan lagu kebangsaan ini dari kursinya. Perihal aktivitas para jamaah haji ini diamini oleh Anggota Komisi C DPRD Kabupaten Semarang, Bondan Marutohening.

Ia mendapat kiriman video tersebut pada Kamis (17/8) pagi dari koleganya yang juga berada dalam video tersebut. “Saya mendapat kiriman video tersebut, langsung dari Bambang Kurniadi, salah seorang jamaah asal Kecamatan Ungaran Timur yang juga menjadi jamaah Kloter 64 ini,” ungkapnya, di Ungaran.

Politisi PDIP Kabupaten Semarang ini mengaku merinding, Karena rasa nasionalisme para jamaah haji asal kabupaten Semarang dan Kabupaten Grobogan ini sangat tinggi. Di tengah- tengah perjalanan untuk menunaikan ibadah haji dari tanah air, mereka masih sempat memperingati hari kemerdekaan RI meskipun di dalam pesawat terbang yang akan membawa mereka ke tanah suci.

Bambang Kurniadi yang juga Kepala Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Semarang ini, masih kata Bondan, merupakan pria yang tampak mengambil gambar melalui kamera telepon pintasnya.

Dalam pengambilan gambar tersebut, mitra kerjanya di Pemkab Semarang tersebut juga mengarahkan kameranya ke seluruh isi pewasat pada saat lagu kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan.

Tak lupa para jamah haji ini juga diajak mengheningkan cipta untuk menghormati jasa- jasa para pahlawan dan para pendiri bangsa. Video ini selanjutnya ditutup dengan statemen Bambang Kurniadi terkait aktivitas para jamah haji ini.

Ia mengatakan, 'Itu agenda merayakan hari kemerdekaan Indonesia. Karena situasi saat ini sedang di pesawat maka kami mengadakan peringatan itu didalam pesawat dengan kondisi seadanya dan yang utama menyanyikan lagu Indonesia Raya serta mengheningkan cipta untuk para pahlawan yang telah mendahuluia kita'.

Sebelum video berakhir, ia juga mengatakan 'NKRI Harga Mati, Merah Putih Harga Mati, Merdeka !'. “Ini yang membuat saya merinding,” tambah Bondan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement