Sabtu 12 Aug 2017 17:25 WIB

Ini yang Membedakan Pemuda Indonesia dengan Bangsa Lain

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Qommarria Rostanti
Pemuda (ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO
Pemuda (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemuda mencatatkan peran penting dalam mewujudkan dan mengisi kemerdekaan Indonesia. Sejarawan Universitas Indonesia, Bondan Kanumoyoso mengatakan, di usia Indonesia yang akan menginjak 72 tahun banyak sekali catatan sejarah yang membuktikan itu semua.

"Pemuda Indonesia sangat luar biasa, begitu banyak bakat muda sejak awal usia mereka memikirkan bangsa mereka. Kalau dibandingkan negara Amerika akan terlihat perbedaan peran kaum pemuda," ujar Bondan di Jakarta, Sabtu (12/8).

Saat ini, kata dia, tugas pokok para pemuda adalah menyiapkan diri untuk melanjutkan kepemimpinan bangsa. Bondan menyebut, sejak masa pergerakan nasional, para pemudalah yang bergerak mulai dari membentuk perkumpulan Budi Utomo dan lainnya.

Memang, kata Bondan, pemuda di Indonesia memiliki karakteristik yang khas, yaitu ketika bangsa Indonesia sedang dalam kondisi darurat dan butuh peran mereka, maka pemuda akan hadir dan menyelesaikannya. "Peran pemuda kita beda dengan bangsa lain, di saat kritis, mereka yang biasanya diam akan bersuara lantang," ujarnya.

Menurut dia, karakter pemuda ini membentuk karakter di lembaga tradisional seperti pesantren dan surau. "Akar budaya kita memang berbeda, saat melihat situasi membahayakan masyarakat, ada rasa keterpanggilan dan tanggung jawab sosial," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement