Ahad 06 Aug 2017 15:19 WIB

Waktu Operasi Transjakarta Tendean-Ciledug Masih Dibatasi

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Bilal Ramadhan
Sejumlah kendaraan melintas di bawah jalan layang non-tol (JLNT) bus Transjakarta koridor XIII Ciledug-Tendean di Halte CSW, Jakarta, Rabu (3/5).
Foto: Antara/Rivan Awal Lingga
Sejumlah kendaraan melintas di bawah jalan layang non-tol (JLNT) bus Transjakarta koridor XIII Ciledug-Tendean di Halte CSW, Jakarta, Rabu (3/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terbitnya Sertifikat Laik Fungsi (SLF) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk koridor 13 rute Ciledug-Tendean ditindaklanjuti manajemen PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) dengan memberikan pelayanan kepada pelanggan. Rencana itu akan dilaksanakan pada 13 Agustus 2017 mendatang.

Transjakarta akan melakukan uji coba dengan mengangkut pelanggan di koridor 13 pada 13 Agustus 2017, ujar Direktur Utama PT. Transportasi Jakarta (PT. Transjakarta) Budi Kaliwono dalam siaran pers yang diterima oleh Republika pada Ahad (6/8).

Jalan layang khusus Transjakarta sepanjang 9,4 km tersebut beroperasi dari pukul 05.00 WIB hingga 19.00 WIB. Pembatasan waktu operasional karena Transjakarta masih menunggu rampungnya pemasangan lampu penerangan di jalur koridor 13. Bila sudah rampung maka layanan bisa sampai pukul 22.00 WIB, katanya.

Halte yang dilayani untuk jalan layang khusus Transjakarta, yakni Halte Tendean, Halte Tirtayasa, Halte Mayestik, dan Halte Adam Malik. Keempat halte ini telah siap dioperasikan.

Sementara itu, sisanya sebanyak delapan halte akan dioperasikan setelah dilengkapi fasilitas yang menambah keamanan maupun kenyamanan pelanggan Transjakarta. Transjakarta menyiapkan sejumlah bus untuk melayani pelanggan koridor 13 rute Ciledug-Tendean.

Serta pengemudi, petugas layanan bus (PLB), dan petugas halte. Maupun mesin gate untuk mendata pelanggan. Menurut Budi, Transjakarta berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Dinas Penerangan dan Energi DKI Jakarta, Wali Kota Tangerang, Dinas Perhubungan Kota Tangerang untuk peresmian pengoperasian koridor 13 di 16 Agustus 2017 mendatang.

"Kami berharap layanan ini nantinya akan bisa dinikmati oleh masyarakat banyak. Kami juga berterimakasih atas dukungan semua pihak, baik Dinas Bina Marga, Dinas Perhubungan, Dinas Penerangan dan Energi, Pemkot Tangerang serta pihak pihak lain yang sudah membantu persiapan operasional ini," ujarnya.

Adapun, Transjakarta sudah melaksanakan uji coba koridor 13 sejak Mei lalu dengan mengoperasikan bus dari pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB sebagai persiapan operasional jalan layang khusus Transjakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement