Selasa 25 Jul 2017 17:49 WIB

Stasiun Bekasi Timur Siap Beroperasi Tahun Ini

Rep: dea alvi soraya/ Red: Dwi Murdaningsih
Stasiun baru, Stasiun Bekasi Timur telah memasuki tahap finishing sekitar 90 persen. Selasa (25/7).
Foto: Republika/Dea Alvi Soraya
Stasiun baru, Stasiun Bekasi Timur telah memasuki tahap finishing sekitar 90 persen. Selasa (25/7).

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Bekasi akan memiliki stasiun kereta api baru yang diperkirakan akan rangkup tahun ini. Kepala Humas Direktorat Jendral Perkeretaapian Joice Hutajulu mengatakan, pembangunan Stasiun Bekasi Timur yang terletak di Jalan IR Juanda, Margajaya, Bekasi Timur, Kota Bekasi akan digunakan sebagai stasiun perlintasan Kereta Rangkaian Listrik (KRL), Kereta Rangkaian Daerah (KRD) dan Kereta Jarak Jauh. Namun, dia menjelaskan, rangkaian yang dapat berhenti di stasiun ini hanya KRL saja.

Menurut dia, perencanaan pembangunan Stasiun Bekasi Timur ini telah diusungkan sejak 1990 silam, namun terkendala dengan pengadaan lahan. Stasiun Bekasi Timur, kata Joice adalah salah satu bagian dari proyek Double-Double Track (DDT) yang juga masih dalam proses pengerjaan. Saat ditanya mengenai rute operasional KRL, Joice mengatakan akan membangunnya secara bertahap, dan masih akan terus berlanjut.

Supervisor Pembangunan Stasiun Bekasi Timur, Ferry Cristasana menjelaskan, pembangunan Stasiun Bekasi Timur telah memasuki tahap finishing dengan progres sekitar 90 persen. Sedangkan 10 persen lainnya diperuntukkan untuk penyelesaian bagian dalam dan luar stasiun, penyelesaian landscape, dan dilanjutkan dengan pengujian operasional (commussioning test).

"Kita sendiri dikasih target sampe agustus, itu buildingnya saja," kata Ferry saat ditemui Republika.co.id di lokasi pembangunan Stasiun Bekasi Timur, Margajaya, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Selasa (25/7).

Peron Stasiun Bekasi Timur, kata dia memiliki panjang sekitar 90 meter yang diperkirakan melebihi panjang rangkaian KRL. Terkait keamanan, dia mengatakan bahwa stasiun ini dilengkapi dengan CCTV, Safety Alarm, peralatan pemadam kebakaran yang seluruhnya terhubung dengan control room sebagai pusat pengawasan stasiun. Fasilitas yang tersedia di Stasiun Bekasi Timur, kata dia antara lain adalah dua elevator yang terhubung dengan platform (peron) dan lobby, ruang First Aid untuk ibu hamil dan menyusui, dan jalur khusus untuk kaum disabilitas.

"Kita menyediakan RAM yang dikhususkan untuk kaum disabilitas. Jadi dari depan parkir ini kita sediakan jalan lagi untuk kaum disabilitas yang menggunakan kursi roda langsung menuju elevator untuk akses ke lantai satu," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement