Rabu 19 Jul 2017 19:36 WIB

Anies Coba Alat Pembajak Sawah dengan Kerbau

Anies Baswedan
Foto: dok. Republika
Anies Baswedan

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Gubernur terpilih DKI Jakarta Anies Baswesdan menaiki sebuah alat membajak sawah dengan kerbau di Desa Kebonagung, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (19/7), sore. Dengan mengenakan pakaian adat jawa warna cokelat tersebut, ia mengoperasikan alat pembajak sawah dengan dibantu petani yang juga pengurus Desa Wisata Candran Desa Kebonagung, Imogiri Bantul.

Pemandangan tersebut menarik perhatian warga Desa Wisata Candran, sehingga berebut mengabadikan gambar dengan kamera telepon seluler. Apalagi Anies ikut menaiki alat pembajak sawah dengan pakaian surjan.

Anies mengatakan, sekarang ini banyak masyarakat perkotaan di Indonesia yang sudah jarang dan jauh dari dunia pertanian di perdesaan. "Nah, ketika anak-anak kita makin jauh dari dunia pertanian, jauh dari kegiatan bercocok tanam, maka mereka tidak pernah membayangkan seperti apa prosesnya. Ketika anak saya yang SMA kelas 1 kemudian bisa ikut di desa, tinggal bersama-sama dengan warga desa untuk bisa mengetahui pertanian dari dekat, maka bisa memiliki empati," katanya.

Anies menjelaskan, lebih dari separuh penduduk Indonesia tinggal dan bermukim di perkotaaan yang jauh dari aktivitas pertanian. Padahal pertanian adalah kegiatan bercocok tanam yang selama ini menjadi penopang pangan masyarakat Tanah Air. "Jakarta tempat saya bertugas nanti itu kota metropolitan, kita semua pagi sarapan nasi, siang makan nasi, malam makan nasi, tapi jarang sekali kita pengalaman melihat dari dekat proses penanaman hingga panen padi itu sendiri," katanya.

Setelah mempraktikkan membajak sawah dengan dua kerbau, Anis dan putranya mengunjungi Museum Tani Jawa Indonesia yang menjadi ciri khas desa wisata. Tempat itu menawarkan edukasi pertanian tradisional untuk melihat koleksi di tempat tersebut.

Sementara itu, Pengelola Desa Wisata Candran dan Museum Tani Jawa Indonesia Kristyo Bintoro mengatakan, dengan kunjungan gubernur terpilih DKI Jakarta ini harapannya dapat menjadi contoh bagi generasi muda untuk mengenal dunia pertanian. "Kita berharap dengan ketokohan Pak Anies akan menjadi suri tauladan bagi generasi muda. Dan harapan kita ketahanan pangan di Indonesia yang dibangun dari masyarakat tani dapat terwujud," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement