Selasa 18 Jul 2017 21:01 WIB

Reforma Agraria Solusi Atasi Kemiskinan

Muhaimin Iskandar
Foto: DPP PKB
Muhaimin Iskandar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partau Kebangkitan Bangsa (PKB) menilai program reforma agraria merupakan solusi untuk mengatasi angka kemiskinan di Tanah Air, khususnya masyarakat di pedesaan.

 

"Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA) yang mencapai sembilan juta hektare, dapat menjadi solusi bagi 18 juta penduduk miskin dari total 27,76 penduduk miskin di seluruh Indonesia," kata Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) H. Abdul Muhaimin Iskandar, di Jakarta (18/07).

 

Selain TORA, kata Cak Imin, seluas sembilan juta hektare terdapat juga tanah Perhutani dan Inhutani seluas 12,7 juta hektare yang dapat diakses masyarakat dalam kerangka perhutanan sosial.

 

Sehingga total 21,7 juta hektare gabungan tanah dan hutan jika dikelola dengan baik dapat menjadi solusi berskala besar bagi persoalan kemiskinan dan pengangguran di Indonesia.

 

"Kita memiliki lahan yang dapat didayagunakan atau dikelola dengan baik dalam kerangka redistribusi maupun dalam kerangka sewa atau pinjam dalam waktu tertentu dengan pola perhutanan sosial," kata Cak Imin.

 

PKB menilai persoalan-persoalan dan aspek penting penyelenggaraan reforma agraria perlu ditangani dengan serius guna membawa harapan bagi penanganan persoalan akut kemiskinan dan penggangguran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement