Selasa 18 Jul 2017 14:10 WIB

Muhamadiyah Gelar Lomba Tulis Filsafat Pendidikan Islam

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Hazliansyah .
Logo Muhammadiyah.
Foto: Wikipedia
Logo Muhammadiyah.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan PP Muhammadiyah bersiap menghelat lomba karya tulis bertema filsafat pendidikan Islam dan pendidikan Muhammadiyah. Salah satu tujuannya adalah merevitalisasi pendidikan Muhammadiyah.

"Kegiatan ini diadakan sebagai bagian dari revitalisasi pendidikan Muhammadiyah, hasil keputusan dan amanah Muktamar Muhammadiyah ke-46 di Yogyakarta, terutama dalam topik mukaddimah dan filsafat pendidikan Muhammadiyah," kata Robby Abror selaku koordinator kepada Republika.co.id, Selasa (18/7).

Ia menekankan, sudah menjadi tugas bersama menyusun uraian lebih rinci tentang filsafat pendidikan Muhammadiyah, hasil Muktamar Muhammadiyah 2010 tersebut. Karenanya, Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah menetapkan penyusunan filsafat pendidikan sebagai prioritas program priode 2015-2020.

Robby menuturkan, peta gagasan filsafat Islam sebagai landasan filsafat pendidikan Muhammadiyah sekiranya meliputi penciptaan alam semesta dan manusia, juga perkembangan kehidupan manusia. Ada pula gagasan tentang sejarah, ilmu, pembelajaran, orientasi utama pendidikan dan pembelajaran dalam kesadaran ketuhanan dan pengenalan terhadap-Nya.

Lewat itu, ia berharap, tersusun nalar pendidikan kritis dan sistematis dalam kontruksi dan reformulasi pemikiran filsafat Islam, filsafat pendidikan Islam dan filsafat pendidikan Muhammadiyah. Manfaatnya, berkontribusi bagi dosen dan peserta didik di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) khususnya.

"Serta, kepada siapapun yang peduli terhadap perkembangan dan dinamika pemikiran filsafat dan pendidikan Islam," ujar Robby.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement