Sabtu 15 Jul 2017 01:36 WIB

Mempesonakan Sorong Melalui Gowes Pesona Nusantara

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Dwi Murdaningsih
Seremoni acara Gowes Pesona Nusantara di Kabupaten Telok Wondama, Sabtu (10/6).
Foto: Humas Kemenpora
Seremoni acara Gowes Pesona Nusantara di Kabupaten Telok Wondama, Sabtu (10/6).

REPUBLIKA.CO.ID, SORONG -- Gowes Pesona Nusantara 2017 tiba di Kota Sorong, Papua. Ribuan orang ditargetkan akan menjajaki jalanan Kota Sorong dengan bersepada dalam program yang menjadi bagian dari gerakan #AyoOlahraga dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tersebut.

Sorong menjadi daerah terakhir di tanah Papua dalam rangkaian Gowes Pesona Nusantara 2017. Gowes Pesona Nusantara ini digelar di 90 kabupaten/kota seluruh Indonesia dalam mengkampanyekan program #AyoOlahraga. Puncaknya akan diakhiri pada Hari Olahraga Nasional 9 September mendatang di Magelang, Jawa Tengah.

Sekretaris Dinas Kebudayaan Kota Sorong sekaligus panitia GPN 2017 Very M.R. Sambuaya mengatakan, sebanyak 603 peserta yang sudah terdaftar hingga Jumat (14/7). Melihat antusiasme warga, Sambuaya optimistis bisa mencapai target 1000 peserta yang ditentukan Kemenpora.

"Karena kami masih terus membuka pendaftaran hingga hari H. Pendaftaran gratis tidak dipungut biaya," kata Very dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id.

GPN 2017 di Sorong dijadwalkan akan dimulai Sabtu (15/7) pukul 07.00 WIT dengan menempuh rute sepanjang 13 kilometer. Start akan dimulai dari Lapangan Hocky, Pantai Lido, Pasar Tradisional Boswesen, kilang minyak peninggalan Belanda, masjid pertama di sorong Masjid Al-Jihad, dan gereja pertama di Sorong Gereja Salom, kemudian finis di kantor wali kota.

"Nantinya sekaligus akan mengeksplorasi pesona Kota Sorong," ujar dia.

Deputi Peningkatan Prestasi Kemenpora Edy Nurinda mengatakan, persiapan GPN 2017 di Sorong sudah matang. Program GPN 2017 ini menurutnya sebagai stimulus untuk mengembangkan olahraga di Tanah Air. Ia pun berharap pelaksanaan GPN 2017 di kota terakhir di Papua ini berjalan semarak. Selain itu, kata dia, kegiatan ini sekaligus bisa mengapresiasi masyarakat Sorong untuk mengangkat pesona daerahnya.

"Ayo kita olahraga melalui GPN 2017 ini sekalian menonjolkan pesona daerah. Harapannya masyarakat Sorong bisa terapresiasi dan menyambut baik acara ini agar bisa berbondong melaksanakan aktivitas Gowes Pesona Nusantara dan membangkitkan semangat mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga," kata dia.

Sebelumnya, ajang GPN 2017 di Papua dimulai di Teluk wandama dan Manokwari. Gowes Pesona Nusantara dilaksanakan pemerintah pusat untuk meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia untuk sehat, bugar dan berkarakter melalui olahraga. Selain itu, bagian terpenting dari acara ini selain berolahraga adalah mempertebal nasionalisme dan rasa cinta terhadap Tanah Air.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement