Senin 03 Sep 2018 17:06 WIB

Gowes Pesona Nusantara Sukses Dihelat di Yogyakarta

Tahun ini, rute yang ditempuh sepanjang 10 kilometer.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
 Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, membuka gelaran Gowes Pesona Nusantara 2018 di Balai Kota Yogyakarta.
Foto: Dokumen.
Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, membuka gelaran Gowes Pesona Nusantara 2018 di Balai Kota Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Gowes Pesona Nusantara 2018 berlangsung di Kota Yogyakarta. Tidak kurang 3.000 peserta mengikuti kegiatan bersepeda yang dimulai dengan senam sehat di Balai Kota Yogyakarta tersebut.

Gelaran Gowes Pesona Nusantara 2018 sendiri dilepas langsung Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, Ahad (2/9). Tahun ini, rute yang ditempuh sepanjang 10 kilometer.

Perjalanan dimulai dari Balai Kota Yogyakarta, langsung menuju barat melintasi Stadion Mandala Krida dan menuju Jalan Mataram. Selanjutnya, peserta menuju Taman Parkir Abu Bakar Ali.

Kemudian, pesepeda mengarah ke selatan melintasi Jalan Malioboro. Begitu tiba di Titik Nol, mereka berbelok ke arah timur kembali ke balai kota. Rute yang dipilih memang sengaja melewati landmark Kota Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Haryadi Suyuti berharap, melalui kegiatan itu akan tumbuh atlet-atlet baru yang kompetitif, unggul, dan tentu berprestasi dari Kota Yogyakarta.

"Untuk itu, kita senantiasa menaruh perhatian terhadap pertumbuhan serta peningkatan peranan klub-klub olahraga, terutama yang ada di Kota Yogya untuk mendukung peningkatan prestasi olahraga nasional," kata Haryadi.

Ia menilai, dengan begitu upaya-upaya untuk mewujudkan generasi muda yang sehat, kuat, dan mandiri harus terus dilakukan. Di antaranya, tidak lain dengan menghidupkan kembali gairah berolahraga di tengah-tengah masyarakat.

Gairah, lanjut Haryadi, lebih penting lagi ditanamkan kepada pelajar-pelajar dan remaja-remaja yang salah satunya melalui olahraga bersepeda. Ia merasa, banyak pula hal-hal positif yang akan didapat dari bersepeda.

Haryadi berpendapat, Gowes Pesona Nusantara yang memang menyajikan menu utama bersepeda sejalan dengan program Pemerintah Kota Yogyakarta. Terutama, untuk terus menggalakkan olahraga di  masyarakat.

"Sehingga, budaya olahraga bisa membawa masyarakat Kota Yogyakarta menjadi masyarakat yang sehat," ujar Haryadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement