Selasa 18 Sep 2018 18:26 WIB

Yogyakarta Raih Penghargaan Indonesia's Attractiveness Award

Harapannya, seluruh OPD bisa meningkatkan diri untuk terus berinovasi.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Mendagri, Tjahjo Kumolo, memberikan penghargaan Indonesia's Attractiveness Award 2018 kepada Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi.
Foto: Dokumen.
Mendagri, Tjahjo Kumolo, memberikan penghargaan Indonesia's Attractiveness Award 2018 kepada Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kota Yogyakarta kembali meraih penghargaan membanggakan di Indonesia's Atracteveness Award (IAA). Dalam IAA 2018, Kota Yogyakarta bahkan meraih dua penghargaan sekaligus.

Kota Yogyakarta meraih predikat sebagai Kota Terbaik Pariwisata kategori platinum dan Kota Terbaik Investasi kategori gold. Penghargaan diserahkan Mendagri, Tjahjo Kumolo, kepada Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi.

Heroe Poerwadi mengaku sangat bangga dengan torehan tersebut. Ia berpendapat, dua penghargaan Indonesia's Attractiveness Award sangat prestisius.

"Semoga ini mampu menjadi pemicu kita untuk terus bekerja memberikan yang terbaik bagi kemajuan Kota Yogyakarta," kata Heroe, di JW Marriott Jakarta.

Ia menjelaskan, penghargaan ini diberikan berdasarkan hasil pengukuran dan observasi. Pengukuran itu memberikan gambaran tentang daya tarik setiap kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Penghargaan ini diberikan kepada daerah-daerah yang dinilai maju dan memiliki daya saing untuk menarik investor. Bagi Heroe, dua penghargaan diraih Kota Yogyakarta karena kerja sama seluruh OPD dan partisipasi masyarakat.

Namun, ia melihat, penghargaan ini jadi tantangan bagi Kota Yogyakarta untuk terus meningkatkan diri menjadi lebih bagi segala bidang. Saat ini, pembenahan dilakukan di sektor pariwisata, infrastrukur, investasi, dan pelayanan publik.

"Sehingga, kalau kita tidak ikut meningkatkan diri kita bisa tertinggal dari kota lain," ujar Heroe.

Untuk itu, Heroe meminta segenap pemangku kepentingan di Kota Yogyakarta terus bersinergi menjadikan Kota Yogyakarta lebih baik. Harapannya, seluruh OPD bisa meningkatkan diri untuk terus berinovasi.

Sehingga, lanjut Heroe, masing-masing OPD harus punya best practice. Selain itu, masyarakat diminta terus mendoakan dan berpartisipasi aktif dalam membangun Kota Yogyakarta.

Terpilihnya Kota Yogyakarta untuk mendapat dua penghargaan di IAA 2018, dirasa menunjukkan adanya potensi besar Kota Yogyakarta. Sekaligus, kerja sama dari seluruh elemen pemerintahan dan masyarakat.

Sementara, Mendagri, Tjahjo Kumolo menuturkan, penghargaan seperti IAA sangat positif. Pasalnya, dapat membuat kepala-kepala daerah berani melakukan inovasi dalam memajukan daerahnya.

"Momen seperti ini sangat penting dalam rangka memajukan dan meningkatkan daya saing daerah," kata Tjahjo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement