Jumat 14 Jul 2017 05:23 WIB

Banyak Ortu Siswa di Karawang Palsukan Surat tidak Mampu

Ilustrasi Pendaftaran Sekolah
Foto: Foto : MgRol_93
Ilustrasi Pendaftaran Sekolah

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Sejumlah warga Kabupaten Karawang, Jawa Barat rela berbohong dengan membuat surat keterangan tidak mampu bodong (palsu) agar anaknya masuk sekolah negeri pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2017.

"Pada PPDB online tahun ini memang ada penerimaan siswa baru melalui jalur khusus, yakni jalur siswa tidak mampu," kata Wakil Kepala Sekolah Bagian Kesiswaan SMAN 1 Telagasari, Suroto di Karawang, Kamis (13/7).

Dengan adanya jalur khusus itu, kata dia, banyak masyarakat yang sebenarnya berasal dari keluarga mampu, tapi tetap menyertakan surat keterangan tidak mampu (SKTM) saat mendaftar masuk sekolah negeri.

Ia mengatakan, di sekolahnya membuka PPDB jalur siswa tidak mampu dengan kuota 72 siswa. Di antara syarat untuk calon siswa tidak mampu ialah harus menyertakan SKTM saat mendaftar.

Pada PPDB tahun ini melalui jalur siswa tidak mampu, pihaknya menerima pendaftaran 131 calon siswa. Karena itu dilakukan penelusuran ke lapangan. Sesuai dengan penelusuran itu, akhirnya diketahui banyak yang mengaku tidak mampu padahal dilihat keadaan rumah terbilang mampu.

Ia menyatakan, sekolah tidak mau mengambil risiko. Sehingga saat diketahui keadaan ekonomi keluarga itu tidak sesuai dengan ekonomi mereka yang sesungguhnya pendaftarannya didiskualifikasi.

"Itu dilakukan, karena memang jalur ini memang untuk mereka yang berhak," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement