Senin 03 Jul 2017 21:13 WIB

Terdampar Tiga Malam, Nelayan Ditemukan Selamat

Tim SAR gabungan dan perahu nelayan melakukan pencarian korban kapal tenggelam (ilustrasi)
Foto: Antara/Seno
Tim SAR gabungan dan perahu nelayan melakukan pencarian korban kapal tenggelam (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MANOKWARI -- Seorang nelayan bersama empat orang anggota keluarganya, Senin (3/7), ditemukan selamat setelah terseret arus dan terdampar selama tiga hari tiga malam di Pulau Nusrowi, Manokwari Selatan.

Kepala Kantor Badan Sar Nasional Manokwari Ludianto di Manokwari, Senin, mengatakan nelayan tersebut bernama Jorobi Wanggai (53), ia membawa empat orang anggota keluarganya masing-masing Regina Hamberi(40), Gita Wanggai (20), Yunita Wanggai (18) serta Samuel Wanggai yang baru berusia tiga tahun.

"Mereka berangkat dari rumah di Sowi Manokwari pada 29 Juni 2017. Mereka berencana memancing di sekitar pulau Rumberpon," katanya.

Dalam perjalanan, angin dan arus air laut menyeret mereka hingga terdampar di pulau Nusrowi. Anggota keluarganya yang ada di rumah was-was karena sudah beberapa hari mereka tidak kembali dan tidak ada kabar.

Pencarian pun dilakukan setelah salah satu anggota keluarga Wanggai menyampaikan laporan ke kantor SAR Manokwari pada Ahad (2/7). Menindaklanjuti laporan tersebut tim penyelamat bergegas menuju lokasi. "Kami menerima laporan baru kemarin sekitar jam 4 sore dari pak Soleman Wanggay. Tim Rescue saya utus untuk segera menuju lokasi," katanya.

Dia mengutarakan, tim berangkat dari Manokwari sekitar pukul 9 malam dan langsung berkoordinasi dengan aparat kepolisian setempat serta membuat pos di dermaga Pelabuhan Ransiki. Penyisiran pun dilakukan dengan menggunakan perahu karet milik Basarnas.

"Awalnya kami tidak tahu kalau mereka terdampar di pulau Nusrowi, karena sesuai laporan yang masuk mereka pergi ke pulau Rumberpon. Sehingga penyisiran kami lakukan di pulau Rumberpon dan sekitar Ransiki Kabupaten Manokwari Selatan," katanya.

Pihaknya bersyukur, korban masih membawa alat komunikasi yang masih aktif. Dalam kondisi jaringan yang terbatas korban menghubungi tim sar dan memberitahukan bahwa mereka terdampar di pulau Nusrowi.

"Kami pun tidak tahu dimana lokasi pulau Nusrowi pencarian pun terus berlangsung. Pukul 9 pagi tadi tim berhasil menemukan mereka dan semua dalam keadaan selamat," katanya.

Nelayan sekeluarga tersebut berniat berekreasi sehingga sudah menyiapkan bekal dari rumah termasuk terpal yang mereka manfaatkan untuk membuat tenda darurat. Perahu mereka terseret arus setelah kehabisan bahan bakar. "Rasanya miris, karena ada anak kecil yang baru berusia tiga tahun. Bersyukur mereka semua selamat," ujarnya.

Setelah berhasil ditemukan, tim pun mengevakuasi para korban menggunakan perahu karet dan membawanya ke dermaga Ransiki. Sekitar pukul 12.30 WIT mereka tiba di rumah di Kompleks Sowi Manokwari.

"Empat orang ikut kami ke Manokwari, sedangkan bapaknya (Jorobi Wanggai) menggunakan perahu dari Ransiki ke Manokwari. Sore tadi kami menerima laporan pak Jorobi tiba di Manokwari dengan selamat," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement