Selasa 20 Jun 2017 22:03 WIB

Jepara akan Miliki Marine Science Techno Park

Gedung LIPI
Foto: Antara
Gedung LIPI

REPUBLIKA.CO.ID, JEPARA -- Kabupaten Jepara Jawa Tengah, bakal memiliki Marine Science Techno Park (MSTP) sebagai pusat penerapan teknologi yang mendorong perekonomian masyarakat, kata Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Enny Sudarmonowati.

"Sebelumnya, memang sudah ada empat MSTP, namun karena belum mampu memenuhi persyaratan dalam hal menghasilkan usaha kecil menengah, akhirnya statusnya diturunkan," ujarnya di Jepara, Selasa (20/6).

Ia mengatakan, keempat MSTP tersebut, tersebar di perairan Danau Toba, Ambon, serta Lombok. Untuk merealisasikan pembentukan kawasan pusat penelitian kemaritiman di Jepara, kata dia, perlu dikerjakan secara gotong-royong dengan melibatkan berbagai pihak yang berkepentingan.

Nantinya, lanjut dia, akan ada penataan ruang serta zonasi dengan terlebih dahulu menelusuri potensi daerahnya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jepara Wasiyanto menyambut positif rencana pembangunan MSTP tersebut, karena hasilnya nanti bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Jepara.

Terlebih lagi, lanjut dia, potensi laut di Jepara cukup besar untuk dibudidayakan. "Nantinya, tentu berpeluang untuk dilakukan alih teknologi," ujarnya.

Ia optimistis, Kabupaten Jepara akan berkembang lebih baik di bidang kelautan, karena bakal menjadi kawasan pusat penelitian ilmu kelautan. "Saat ini, di Jepara terdapat Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Diponegoro serta Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara. Jika ditambah MSTP tentu akan semakin lengkap," ujarnya. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement