Senin 05 Jun 2017 17:09 WIB

Program Mudik Gratis 2017 Bisa Daftar di Sini

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Andri Saubani
Petugas melayani pendaftar mudik gratis 2017 oleh Kemnhub di GOR Bulungan, Blok M, Jakarta, Senin (22/5).
Foto: Republika/ Wihdan Hidayat
Petugas melayani pendaftar mudik gratis 2017 oleh Kemnhub di GOR Bulungan, Blok M, Jakarta, Senin (22/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Menyambut musim mudik Lebaran 2017, Kementrian Perhubungan (Kemenhub) bekerja sama dengan BUMN dan mitra kerja menyelenggarakan program Angkutan Sepeda Motor Gratis dan Mudik Gratis dengan total kuota angkut sebanyak 44.721 sepeda motor dan 208.435 penumpang. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pun mengajak masyarakat untuk memanfaatkan program yang baik ini.

Terkait waktu pendaftaran, pendaftaran melalui daring dan luring dimulai pada 18 Mei hingga 16 Juni 2017. Pendaftaran daring melalui laman www.mudikgratis.dephub.go.id. Adapun, pendaftaran langsung secera offline bisa dilaksanakan di GOR Bulungan Blok M, Dishub Kota Bekasi, Dishub Depok, Dishub Kota Tangerang, dan Dishub Tangerang Selatan.

Budi menjelaskan, program ini khusus ditujukan untuk pemudik yang selama ini menggunakan sepeda motor untuk menempuh perjalanan jarak jauh ke kampung halamannya. Penggunaan sepeda motor untuk mudik memang masih cukup tinggi dan diminati oleh masyarakat karena berbagai alasan kemudahan.

Sebaliknya, menurut Budi, penggunaan sepeda motor untuk perjalanan jarak jauh memiliki potensi kecelakaan lalu lintas yang cukup besar sehingga keselamatan pemudik kurang terjamin. “Dengan adanya program mudik gratis, kami mengimbau para pemudik sepeda motor untuk mengurangi atau tidak menggunakan motor untuk perjalanan jarak jauh," jelas Budi, Senin (5/6).

Budi menerangkan, jumlah sepeda motor dan penumpang yang diangkut tahun ini meningkat cukup signifikan, yakni naik 57 persen untuk jumlah penumpang dan naik 155 persen untuk jumlah sepeda motor. Berbeda dengan program Angkutan Sepeda Motor Gratis dan Mudik Gratis tahun 2016 yang hanya menggunakan moda bus dan kereta api, pada tahun ini Kemenhub menyiapkan moda bus, kapal penyeberangan, kapal laut dan kereta api.

Dengan program Mudik Gratis yang diselenggarakan oleh Kemenhub, Budi menegaskan, pemudik tidak perlu khawatir akan sarana mobilitasnya di kampung halaman, karena baik pemudik maupun sepeda motornya akan sama-sama diangkut. "Untuk mudik gratis dengan moda bus, Kemenhub menyediakan 176 bus untuk mengangkut 7.920 penumpang dan 54 truk untuk mengangkut 2.457 sepeda motor," jelas dia.

Sementara untuk arus balik, telah disediakan 44 bus untuk mengangkut 1.980 penumpang dan 23 truk untuk mengangkut 1.053 sepeda motor. Menurut Budi, kota tujuan yang akan dilayani dengan moda bus sebanyak sembilan kota, yakni Tegal, Kebumen, Purwokerto, Yogyakarta (PP), Solo (PP), Wonogiri, Wonosobo, Magelang, dan Semarang (PP).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement