Jumat 19 May 2017 11:48 WIB

Mendagri: Penyelesaian RUU Pemilu tak akan Ganggu Kinerja KPU

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Esthi Maharani
Tjahjo Kumolo
Foto: Setkab.go.id
Tjahjo Kumolo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjajo Kumolo, mengatakan proses penyelesaian RUU Pemilu masih terus berlangsung. Dia menegaskan penyelesaian RUU tersebut tidak akan mengganggu kinerja Komisi Pemilihan Umum.

"Jangan khawatir akan mengganggu kerja KPU. Pemerintah menghargai upaya lobi antarfraksi untuk mencari titik temu penyelesaian pembahasan. Masih ada waktu," ujar Tjahjo dalam keterangan tertulisnya, Kamis (18/5).

Dia melanjutkan, diperkirakan masih ada tiga hingga empat poin krusial yang kemungkinan akan diputuskan dalam rapat paripurna. Sebab, hingga saat ini baik panitia kerja (panja) dan panitia khusus (pansus) masih sulit mencapai kata sepakat terkait empat isu itu.

Menurut Tjahjo, kondisi wajar terjadi mengingat pembahasan isu adalah bagian dari kebijakan strategis fraksi yang merupakan kepanjangan tangan dari parpol.

"Jika bisa akan coba apakah mungkin diputuskan di panja pada pekan depan. Jika harus voting antarfraksi dan DPR tidak melibatkan pemerintah, maka opsi pemerintah sebetulnya sudah tertampung dalam pandangan dari fraksi-fraksi," tambah Tjahjo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement