Kamis 11 May 2017 17:51 WIB

Indobarometer Prediksi Ada Tiga Paslon Pilgub Jateng 2018

Paparan Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari.
Paparan Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Eksekutif Indobarometer, Muhammad Qodari, mengatakan ada tiga pasangan calon (paslon) dalam pemilihan Gububernur dan Wakil Gubernur dalam Pilkada Jawa Tengah (Jateng) 2018. Selain PKB, diperkirakan ada koalisi dari PDIP dan Gerindra yang akan mengusung Cagub-Cawagub Jateng.

"Bisa jadi nantinya ada tiga atau dua pasang cagub-cawagub di Pilkada Jateng. Kemungkinan ada dari koalisi PDIP, PKB dan Gerindra," ungkap Muhammad ketika dikonfirmasi Republika, Kamis (11/5).

Dia menuturkan, sangat wajar jika tiga parpol itu kini sudah mulai menyuarakan diri untuk mengusung calon masing-masing. Sebab, seperti diketahui, ketiga parpol memang memegang jumlah kursi terbanyak di DPRD Jateng saat ini.  PDIP memiliki 27 kursi, disusul PKB dengan 13 kursi dan Gerindra 11 kursi.

Muhammad menilai masih sangat mungkin jika PDIP mengusung paslon pejawat, Gandjar Pranowo-Heru Sudjatmiko dalam Pilkada 2018 mendatang. Hal ini, katanya berdasarkan pertimbangan jumlah perolehan kursi sebelumnya dan asal kedua pejawat yang sama-sama kader PDIP.

"Namun, PDIP juga masih mungkin berkoalisi dengan parpol lain atau mengajukan calon lain," lanjut dia.

Secara umum, dirinya tetap melihat peta kontestasi di Pilkada Jateng 2018 masih sangat cair. Pihaknya mempertimbangkan masih adanya kesan bahwa parpol-parpol di luar PDIP memperhitungkan langkah sebelum berkoalisi dan mengusung calon.

"Tidak bisa dipungkiri, anggapan bahwa Jateng adalah basis massa PDIP ikut mempengaruhi perhitungan parpol lain," tuturnya.

Dengan pertimbangan hal itu dan adanya pengajuan cagub dari PKB, yakni mantan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar, potensi adanya dua hingga tiga cagub di Jateng masih sangat terbuka. Disinggung tentang peluang PKB dan Marwan  dalam kontestasi di Pilkada Jateng, Muhammad belum dapat memberikan prediksi secara konkret. Sebab, pihaknya mengakui jika belum melakukan survei untuk Pilkada Jateng 2018.

"Yang menarik adalah nantinya dengan siapa PKB  berkoalisi dan berapa parpol yang akhirnya mengusung Marwan Jafar sebagai Cagub Jateng ? ," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement