Jumat 05 May 2017 17:08 WIB

Lomba Lari Porter Meriahkan Rinjani 100

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Yudha Manggala P Putra
Peserta Pergasingan Challenge, lomba lari antar porter di Gunung Rinjani memulai start di Sembalun, Lombok Timur, NTB, Jumat (5/5) sore.
Foto: Muhammad nursyamsi
Peserta Pergasingan Challenge, lomba lari antar porter di Gunung Rinjani memulai start di Sembalun, Lombok Timur, NTB, Jumat (5/5) sore.

REPUBLIKA.CO.ID, LOMBOK TIMUR -- Wakil Gubernur NTB Muhammad Amin melepas ratusan peserta lomba lari Pergasingan Challenge di Sembalun, Lombok Timur, NTB, Jumat (5/5).

Pergasingan Challenge merupakan salah satu rangkaian dalam ajang lomba lari Rinjani 100. Berbeda dengan Rinjani 100, Pergasingan Challenge merupakan kategori lari khusus yang hanya diikuti para porter di Gunung Rinjani. Para porter yang biasa mendaki Gunung Rinjani saling beradu cepat dalam lomba lari dengan rute Hotel Nusantara, Sembalun menuju bukit Pergasingan sepanjang 3 kilometer dan kembali finish di Hotel Nusantara.

Saat tanda start dimulai, para porter langsung berlari secepat mungkin untuk bisa keluar jadi juara. Saling semangatnya, tak jauh dari lokasi start, sejumlah peserta terlihat terjatuh akibat berhimpitan sesama peserta saat memulai lari. Tak ada amarah akibat insiden tersebut, melainkan canda tawa yang keluar dari raut wajah peserta.

Wakil Gubernur NTB Muhammad Amin mengapresiasi ajang ini yang dinilai semakin membangkitkan potensi wisata olahraga di NTB.

"Rinjani menyimpan berbagai kekayaan hayati dan tradisi budaya yang harus kita jaga, lestarikan, dan tepat untuk mengembangkan sport tourism," ujar Amin saat melepas para peserta Pergasingan Challenge.

Amin optimistis penyelenggaraan Rinjani 100 dan ajang wisata olahraga yang dihelat Dinas Pariwisata NTB bersama Dinas Pemuda dan Olahraga NTB akan meningkatkan minat wisatawan untuk datang ke NTB.

"Ajang ini diikuti puluhan negara, tentu promosi bagi kita dan akan tingkatkan minat wisatawan domestik maupun asing untuk datang ke NTB," ucap Amin menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement