Rabu 03 May 2017 10:22 WIB

Giliran Banjir Karangan Bunga Serbu Mabes Polri

Rep: Mabruroh / Red: Angga Indrawan
Karangan bunga memenuhi halaman depan Mabes Polri, Rabu (3/5).
Foto: Mabruroh/Republika.
Karangan bunga memenuhi halaman depan Mabes Polri, Rabu (3/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia banjir karangan bunga. Ratusan karangan bunga tanpa nama pengirim itu mengelilingi gedung Mabes Polri di Jalan Trunojoyo Jakarta Selatan.

Pantauan Republika.co.id, ratusan karangan bunga tersebut mulai mengelilingi gedung depan Bareskrim Polri yang tengah dibangun. Selanjutnya, karangan bunga pun mulai menyambung hingga ke gedung museum Polri.

Bila sebelumnya masyarakat tidak bisa move on dari pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat sebagai gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta. Kini, tampaknya masyarakat pun tidak ingin kehilangan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Banyak ucapan-ucapan yang disampaikan masyarakat kepada Tito melalui karangan bunga tersebut. Ucapan-ucapan itu rata-rata mengungkapkan rasa terima kasih mereka atas kinerja Polri dalam upaya menjaga keutuhan NKRI, keamanan, serta penanggulangan radikalisme.

Menanggapi banyaknya karangan bunga, Tito mengucapkan terima kasih kepada masyarakat. Tito percaya, semangat anggotanya dalam menjaga keutuhan NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, dan Pancasila mulai mengetuk hati masyarakat akan kepercayaan kepada kepolisian.

"Saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat yang sudah mengirimkan karangan bunga. Dukungan pada Polri untuk melakukan tindakan yang tegas kepada kelompok-kelompok yang intoleran, yang dapat menggali NKRI," ujat Tito di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (3/5).

Tito mengaku akan menjadikan ucapan terima kasih masyarakat (karangan bunga) sebagai cambuk motivasi bagi Polri. Karangan bunga tersebut kata dia bukti bahwa masyarakat mulai percaya dengan Kepolisian Republik Indonesia dalam menjaga keamanan NKRI.

"Dukungan ini (karangan bunga) membuat kami lebih komit, membuat motivasi lebih tinggi dalam rangka melakukan tindakan-tindakan," ujarnya.

Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul mengatakan, sebelumnya karangan bunga juga sempat mampir di depan gedung divisi humas. Karangan bunga kata dia, datang sejak (31/4) sore yakni sebagai ucapan selamat bertugas kepada Irjen Boy Rafli Amar yang dipindah tugaskan ke Polda Papua dan Irjen Setyo Wasisto sebagai kadiv humas Polri yang baru.

Karangan-karangan bunga teruntuk Polri tambahnya, bukan kali pertama didapatkan oleh Polri. Sebelum-sebelumnya pun ungkap Martinus, Mabes Polri sering menerima kiriman bunga.

"Kiriman papan bunga sudah pernah sebelumnya. Ini bukan untuk yang pertama kali. Biasanya setelah selesai pengaman event nasional, ada saja yang kirim bunga," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement