Rabu 19 Apr 2017 15:53 WIB

Populi Center: 78 Persen Pemilih AHY Lari ke Anies

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Teguh Firmansyah
Direktur Public Opinion & Policy Research atau Populi Center Usep S. Ahyar
Foto: Gumanti Awaliyah
Direktur Public Opinion & Policy Research atau Populi Center Usep S. Ahyar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Survei Public Opinion & Policy, sebanyak 78 persen pendukung Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)  pada putaran pertama, beralih pada pasangan calon nomor urut tiga Anies-Sandi.  Hal ini disebabkan karena karakteristik pemilih AHY dan Anies memiliki kesamaan.

"Dilihat dari exit poll, 78 persen suara mas Agus itu lari ke Anies. Ya itu bisa dipahami dari karakteristik pemilih pak Anies yang sama dengan pak Agus," ujar Direktur Public Opinion & Policy Research atau Populi Center,  Usep S. Ahyar, saat ditemui Republika.co.id di Sekretariat Populi Center, Jl. Letjen S. Parman, Jakarta Barat, Rabu (19/4).

Usep juga menyebutkan, walaupun peta politik dari AHY tidak kompak memberikan dukungan pada Anies, ternyata hal tersebut tidak menjadi masalah besar. Karena, sejumlah partai politik pendukung itu tidak solid, seperi PKB atau PPP. "Kecuali memang partai yang mengusung ya, kayak Demokrat dulu ke AHY, lalu PDIP ke Ahok, dan PKS misal ke Anies," kata Usep.

Dari peninjauan Populi Center, Usep mengutarakan, elektabilitas gubernur aktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) juga menurun setelah mencuatnya kasus penistaan agama yang menimpa dirinya. "Jadi seluruh komponen penilaian, unsur SARA banyak mempengaruhi," tegas Usep.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement