Rabu 19 Apr 2017 13:48 WIB

Kapolri: Pilkada DKI Berjalan Lancar

Rep: Santi Sopia/ Red: Ilham
Kapolri Jenderal Tito Karnavian.
Foto: Republika/Edi Yusuf
Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian meminta petugas keamanan tetap profesional dalam menjalankan tugas pengamanan Pilkada DKI Jakarta. Hingga pukul satu siang, situasi dilaporkan aman lancar.

"Situasi sampai jam satu hari ini semua berjalan lancar, tidak ada insiden-insiden berarti dan saya mengajak khusunya di Jakarta, mari kita pertahankan kesejukan, kalau ada keberatan dilaksanakan melalui mekanisme yang ada," ujar Kapolri di lapangan Bhayangkara, Jakarta, Rabu (19/4).

Kapolri mengatakan, kekuatan terus dikerahkan. Hal paling utama adalah memegang hasil penghitungan suara resmi dari KPU. Kalau nanti ada beda pendapat, ketidakpuasan, lanjut dia, dapat diselesaikan melalui mekanisme hukum, misalnya di KPU atau gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Kapolri menambahkan, sedari awal ia telah mengimbau para petugas tetap profesional, netral. Bila ada pelanggaran hukum, tentunya akan dilakukan tindakan.

Tito menambahkan, tentu ada sejumlah laporan yang masuk, seperti dari wilayah Jakarta Timur, Jakarta Barat, dan Jakarta Utara. Hanya, itu rata-rata merupakan kesalahpahaman warga. "Tidak banyak laporan dari 13.034 TPS, saya kira tidak signifikan. Ini lebih banyak karena kesalahpahaman karena satu kampung, satu daerah," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement