Sabtu 15 Apr 2017 18:48 WIB

Warga Kampung Akuarium Padati Baksos Akbar OK Ocare

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Andi Nur Aminah
Warga mengikuti acara bakti sosial akbar OK O-Care Anies-Sandi di Kampung Akuarium, Jalan Pasar Ikan RT 01 RW 04, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (15/4).
Foto: Republika/Ratna Ajeng Tejomukti
Warga mengikuti acara bakti sosial akbar OK O-Care Anies-Sandi di Kampung Akuarium, Jalan Pasar Ikan RT 01 RW 04, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (15/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ratusan Warga Kampung Akuarium menikmati fasilitas pelayanan kesehatan gratis dalam Bakti Sosial Akbar OK Ocare di Jalan Akuarium, Jakarta Utara, Sabtu (15/4) pagi. Pelayanan kesehatan gagasan cagub-cawagub DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno ini memberi manfaat banyak bagi warga kampung Akuarium.

Hal itu terlihat saat ratusan warga bergantian memeriksakan kesehatannya di booth pengecekan gula darah, kolesterol bahkan konsultasi psikologi. Koordinator acara Rachel Maryam menjelaskan program bakti sosial ini merupakan sosialisai yang dibungkus dengan banyak kegiatan positif lainnya.

"Program OK OCare ini kami sosialisasi dibungkus dengan kegiatan positif lainnya, yakni bakti sosial akbar di mana ada pemeriksaan kesehatan gratis, seperti pengecekan gula darah kolesterol dan lain sebagainya, bazar makanan bergizi dan bahan sembako murah," kata anggota DPR RI itu, Sabtu (15/4) siang.

Sementara itu ada alasan khusus mengapa bakti sosial akbar itu dilakukan di kampung akuarium, Rachel menekankan karena banyak warga Kampung Akuarium yang hidup di bawah garis kemiskinan. Apalagi mereka adalah korban penggusuran.  "Kondisi lingkungan mereka yang kurang sehat juga membuat mereka rentan terserang penyakit," ujar dia.

Menurut Rachel, menjaga kesehatan sangat penting terlebih bagi warga kampung akuarium. Sebab permasalahnya banyak di antara kita sering melalaikan kesehatan dan baru ingat ketika sakit. 

"Makanya di acara ini kita mengadakan penyuluhan untuk mencegah datangnya penyakit sekaligus mengajarkan mereka gaya hidup sehat dengan menjaga lingkungan. Sehingga untuk menjaga kesehatan itu dengan mencegah, preventif dan promotif," jelas dia.

 

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement