Rabu 12 Apr 2017 18:33 WIB
Pilkada DKI

KPU DKI Pastikan Empat Komunitas yang Diundang Acara Debat Netral

Ilustrasi Kampanye Pilgub DKI
Foto: Foto : MgRol_93
Ilustrasi Kampanye Pilgub DKI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisioner KPU DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos memastikan netralitas empat komunitas yang diundang dalam debat publik Pilkada Jakarta putaran kedua, yang terdiri dari komunitas nelayan, pengusaha UMKM, pedagang kecil, dan penghuni rumah susun.

"Panelis memilih empat komunitas yang akan bertanya dalam debat, lalu kami panggil untuk dimintai komitmennya netral dengan mengisi pakta integritas dan bukan bagian dari salah satu pasangan calon," kata Betty di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (12/4).

Dia menjelaskan tiap komunitas akan diberikan kesempatan mengajukan satu pertanyaan untuk dua pasangan calon. Menurut dia, pertanyaan yang disampaikan terkait apa yang mereka rasakan sebagai warga DKI Jakarta sehingga diharapkan obyektif menilai apa yang dialaminya.

"Jadi mereka sudah merangkai sekian banyak soal dan itu yang akan ditanyakan. Dan itu akan diacak dari sekian banyak pertanyaan," ujarnya.

Selain itu dia menjelaskan KPU Jakarta telah membentuk gugus tugas dan kelompok kerja sebelum pelaksanaan debat terakhir yang terdiri para ahli dibidangnya, profesional dan akademisi dan tidak berafiliasi dengan salah satu pasangan calon.

Dia mengatakan dari lima subtema yang disusun, para penelis tersebut memilih empat komunitas yang akan bertanya dalam debat tersebut. Sebelumnya, KPU Jakarta akan mengadakan debat publik pada putaran kedua Pilkada Jakarta 2017 di Hotel Bidakara pada Rabu (12/4).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Sumarno menjelaskan, dalam debat pamungkas di putaran kedua ini, KPU DKI Jakarta ingin mengonfirmasi visi, misi, dan program pasangan calon kepada masyarakat dengan tema debat masyarakat untuk Jakarta.

Sebagai tindak lanjut dari tema itu, KPU DKI akan mengundang kelompok masyarakat yang sudah diseleksi, disaring dari sisi netralitasnya untuk dihadirkan di dalam debat, dan kemudian menyampaikan langsung kepada calon gubernur dan calon wakil gubernur.

Sementara itu untuk penonton debat, masing-masing pendukung akan diberi jatah membawa maksimal 120 orang. Selain itu, akan ada undangan lain dengan batasan kapasitas di dalam ruangan hingga 600 orang.

Debat terakhir itu akan dipandu oleh moderator Ira Koesno dan disiarkan di 14 stasiun TV.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement