Selasa 04 Apr 2017 14:28 WIB

Mahasiswa BSI Juara Kontes Robotika Antar-Universitas

Mahasiswa AMIK BSI Tangerang menjuarai kontes robotika antar-universitas.
Foto: Dok BSI
Mahasiswa AMIK BSI Tangerang menjuarai kontes robotika antar-universitas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim Robotika AMIK BSI Tangerang (DPTR RYDHA ARCEE) berhasil menjadi juara kontes robot antar-universitas se-Jabodetabek. Kontes robot yang dikemas dalam kegiatan Programmable Logic Control (PLC) ini merupakan rangkaian acara dari kegiatan Electro Activities Programme (E-Time) 2017 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Elektro Politeknik Negeri Jakarta.

 

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, 31 Maret – 1 April 2017, di Gedung D Universitas Negeri Jakarta ini diikuti oleh puluhan tim robotika dari berbagai perguruan tinggi.  Yakni,  ITB, Politeknik Negeri Jakarta, Universitas Negeri Jakarta, Polinema, Universitas Negeri Malang, Universitas Pakualam Bogor, Poltek Manupaktur Bandung, dan AMIK BSI Tangerang.

AMIK BSI Tangerang yang beranggotakan dua mahasiswa, yakni Muhammad Irpan Alamsyah dan Aji Aliansyah -- keduanya merupakan mahasiswa semester empat  --  di babak final bertemu dengan Polinema. Pada babak final jenis robot transforter yang diberi nama robot Panzer hasil karya tim robotika AMIK BSI Tangerang ini berhasil memindahkan seluruh kotak dengan sempurna, walaupun dengan jalur yang cukup rumit. Sehingga,  mereka mendapatkan nilai sempurna dan berhasil menjadi juara.

 

Sebelum lolos ke babak final, tim robotika AMIK BSI Tangerang harus berkompetisi dengan tim robotika dari Universitas Negeri Malang di babak semifinal. Di babak sebelumnya mereka pun dapat mengalahkan para pesaingnya,  tim robotika dari berbagai perguruan tinggi.

“Kami bersyukur atas prestasi ini. Semua berkat kerja keras, pembimbing serta dukungan dari civitas akademika AMIK BSI Tangerang. Selain itu, prestasi yang pertama bagi kami ini sebagai pemicu semangat kami untuk mendalami dunia robotika. Dengan harapan di masa mendatang kami dapat berprestasi kembali di bidang robotika ini,”  kata Irpan,  salah satu tim robotika AMIK BSI Tangerang,  Selasa (4/4/2017).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement