Ahad 02 Apr 2017 23:52 WIB

Polisi Ringkus Spesialis Pencurian di Rumah Kosong Sukabumi

Borgol. Ilustrasi.
Borgol. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Satuan Reskrim Polres Sukabumi, Jawa Barat menangkap sindikat pelaku pencurian spesialis rumah kosong yang sudah melakukan aksinya di 28 tempat berbeda.

"Dari tangan tersangka, kami menyita 18 unit tabung elpiji ukuran 3 kilogram dan enam buah galon isi ulang air mineral," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Yusri Yunus melalui siaran persnya yang diterima Antara di Sukabumi, Ahad (2/4).

Informasi yang dihimpun, penangkapan ini berawal dari laporan warga yang menjadi korban pencurian saat rumahnya ditinggal pergi.

Petugas yang mendapatkan laporan langsung melakukan penyelidikan dan berhasil menangkap EN alias Bajing alias Uwa (43) di rumahnya di Kampung Batusapi, RT 01/01, Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, Ahad.

Pada penangkapan itu, tersangka tidak melakukan perlawanan dan langsung membawanya ke Markas Polres Sukabumi di Palabuhanratu.

Dari pengakuannya, tersangka dan sindikatnya sudah puluhan kali membobol rumah kosong dan gudang.

Selain itu, sindikat ini juga telah melakukan pencurian sepeda motor di 16 lokasi berbeda. Modus yang dilakukan para tersangka dalam menjalankan aksinya ini dengan cara mengintai rumah atau gudang yang minim penjagaan atau tidak dihuni pemiliknya.

Setelah dinyatakan aman, kawanan pencuri ini masuk dan langsung mencuri barang-barang apa saja yang ada di dalam rumah maupun gudang tersebut.

"Kami masih memburu empat tersangka lainnya dan seorang penadah barang hasil kejahatan sindikat ini yang ciri-cirinya sudah diketahui," kata Yusri.

Selain menjerat Bajing dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, pihaknya juga masih mengembangkan penyidikan kasus tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement