Ahad 02 Apr 2017 18:10 WIB

Rambu ke Objek Wisata Gunung Kidul Dinilai Perlu Dibenahi

Rep: Yulianingsih/ Red: Yudha Manggala P Putra
Petugas dari Dishubkominfo Sleman memangkas ranting pohon yang menghalangi rambu lalu lintas dan lampu penerang jalan, Kamis (15/12).
Foto: Republika/Rizma Riyandi
Petugas dari Dishubkominfo Sleman memangkas ranting pohon yang menghalangi rambu lalu lintas dan lampu penerang jalan, Kamis (15/12).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Sekretaris Komisi A DPRD Gunungkidul Ari Siswanto menyatakan ikut prihatin atas kecelakaan tunggal bus wisata asal Kudus yang menuju obyek wisata Pantai Indrayanti di Gunung Kidul, Ahad (2/4). Menurut Ari, destinasi wisata di Gunung Kidul memang menjadi tujuan utama wisatawan ke Yogyakarta. Hanya saja menurut dia, masih ada beberapa hal yang perlu pembenahan, di antaranya infrastruktur yang mendukung peningkatan wisatawan di Gunung Kidul. 

"Kejadian ini bisa menjadi introspeksi wisata Gunung Kidul untuk terus berbenah," ujarnya kepada Republika.co.id, Ahad (2/4).

Menurutnya, salah satu perbaikan yang sangat penting dan cepat harus dilakukan Pemda Gunung Kidul dalam pembenahan wisata adalah perbaikan rambu-rambu wisata, perbaikan jalan dan penjagaan jalur-jalur wisata dan obyek wisata oleh Dinas Perhubungan, Pariwisata dan kepolisian.

"Ini penting dan cepat dilakukan, karena bus yang kecelakaan di Ponjong ini juga sebelumnya kesasar harusnya ke Pantai Indrayanti tetapi justru sampai Ponjong," ujar Ketua DPD PKS Gunungkidul ini.

Hal ini menurutnya, tidak akan terjadi jika rambu jalur wisata sudah dipampang jelas oleh Pemda setempat di beberapa jalur utama.

Menurutnya, penyediaan jalur alternatif menuju obyek wisata belum cukup jika rambu-rambu wisata dan lalu lintas tidak dipasang dengan jelas dan lengkap.

Seperti diketahui bus rombongan wisata dari  Dusun Gerung, Desa Kaliwungu, Kecamatan Klaiwungu, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah mengalami kecelakaan tunggal di tanjakan Pok Cucak,Desa Sidorejo, Ponjong, Gunung Kidul, DIY pagi tadi. Bus jenis Elf ini membawa 21 penumpang.

Akibat kecelakaan tersebut empat penumpang meninggal dunia termasuk satu balita dan 14 lainnya mengalami luka-luka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement