Sabtu 01 Apr 2017 18:07 WIB

Puluhan IRT di Makassar Ikut Pelatihan Daur Ulang Sampah Botol

Pelatihan pengolahan daur ulang sampah botol plastik menjadi barang bernilai ekonomis oleh Alfamart kepada para member
Foto: dok: Alfamart
Pelatihan pengolahan daur ulang sampah botol plastik menjadi barang bernilai ekonomis oleh Alfamart kepada para member

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Puluhan ibu rumah tangga di Makassar, Sulawesi Selatan mendapat pelatihan daur ulang limbah botol plastik menjadi barang yang bernilai ekonomis. Kegiatan yang diikuti member Alfamart tersebut digelar di toko Alfamart Royal Apartment, Makassar, Kamis (30/3) lalu.

Sahruni Daeng Lino, fasilitator kegiatan daur ulang sampah mengajarkan ibu-ibu rumah tangga ini cara membuat bunga plastik dari limbah botol bekas.

"Botol bekas yang biasanya kita buang atau kita pergunakan hanya sebagai tempat minyak bekas, kini bisa dikumpulkan kemudian dibuat menjadi bunga hiasan meja. Caranya cukup gampang, karena menggunakan bahan yang sederhana," ungkapnya.

Sebanyak 60 botol bekas disulap menjadi berbagai jenis model bunga dan hiasan meja. Tangan kreatif dari ibu-ibu rumah tangga inilah yang mendaur ulang sampah tersebut hingga menjadi barang bernilai ekonomis.

"Saya sangat senang ikut pelatihan yang dilakukan oleh Alfamart. Karena selain kami diedukasi, kami juga merasa menjadi member Alfamart memang bermanfaat. Saya berharap kegiatan ini berkelanjutan,"kata Nursiah, salah satu peserta pelatihan.

Branch Manager Alfamart Makassar, Moh Rosyido mengatakan bahwa kegiatan pelatihan pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu kontribusi perusahaan kepada masyarakat sekitar. Tentu dengan harapan, masyarakat bisa peduli dengan limbah botol plastik yang ada disekitar dengan menjadikannya barang bernilai.

Selain itu juga merupakan upaya Alfamart dalam menumbuhkan jiwa kemandirian dan kewirausahaan melalui pengembangan kemampuan keterampilan bagi masyarakat.

"Semoga pelatihan ini menjadikan ibu-ibu rumah tangga lebih kreatif dan menjadikan usaha sampingan bila sudah mahir," ujar Rosyido dalam keterangan tertulis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement