Jumat 31 Mar 2017 17:02 WIB

KPU Kota Bekasi Resmikan Serambi Informasi Pemilu

Rep: Aziza Fanny Larasati/ Red: Muhammad Fakhruddin
Pemilukada Kota Bekasi
Pemilukada Kota Bekasi

REPUBLIKA.CO.ID,BEKASI—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi mengadakan launching Serambi Informasi Pemilu di Kantor KPU Kota Bekasi pada Jumat (31/3). Program ini merupakan wadah dan sarana informasi terkait pemilu yang mendorong masyarakat Kota Bekasi untuk berpartisipasi aktif baik dalam pemilu maupun demokrasi di Kota Bekasi.

Dalam sambutannya, Sekertaris KPU Kota Bekasi Enung, mengatakan bahwa Serambi Informasi Pemilu bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih baik secara kuantitas maupun kualitas. “Ini adalah program nasional yang dilakukan di seluruh Indonesia. Program ini juga bertujuan untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya pemilu dan demokrasi dengan memperkenalkan nilai-nilai dasar pemilu dan demokrasi,” ujar Enung.

Ketua KPU Kota Bekasi Ucu Asmara Sandi, menekankan bahwa pembangunan Serambi Informasi Pemilu adalah sebuah keharusan. “Progam ini bukan sekadar gaya-gayaan, tapi ini adalah sebuah jawaban atas kebutuhan informasi bagi masyarakat mengenai pemilu di Kota Bekasi,” ujar Ucu.

Menurutnya, walau saat ini Serambi Informasi Pemilu atau disebut juga Rumah Pintar Pemilu belum 100 persen, tapi sedang dilakukan upaya menuju kesana. “Ke depannya akan lebih diperkaya informasi di dalamnya, disesuaikan dengan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat,” ujar dia.

Ucu mengatakan bahwa selama ini hanya pihak-pihak tertentu yang mengakses informasi di KPU. Seperti pihak universitas untuk keperluan penelitian atau dari lembaga penelitian. “Kami ingin informasi ini terbuka kepada publik. Sehingga seluruh masyarakat dapat tersadarkan dan tercerahkan oleh politik,” ujar Ucu menambahkan.

Saat ini, menurut Ucu, pihaknya sudah bekerja sama dengan Kesbangpol dan Tata Pemerintahan untuk melakukan sosialisasi. “Sosialisasi dilakukan di sekolah-sekolah. Nanti juga akan dilakukan kepada ormas, LSM, dan kelompok masyarakat lain,” ujar Ucu.

Ia pun mengatakan bahwa sosialisasi ini tidak dapat dilakukan oleh KPU saja. Maka dari itu dibutuhkan bantuan dari seluruh masyarakat dan stakeholder di Kota Bekasi.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, di kesempatan yang sama memaparkan harapan opitimisnya terhadap program ini. “Saya harap kegiatan ini dapat memberikan sosialisasi kepada seluruh warga masyarakat untuk dapat hidup berdemokrasi, berbangsa, dan bernegara,” ujar Rahmat Effendi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement