Senin 20 Mar 2017 11:42 WIB

Jakarta Timur Rencanakan Pembuatan Wastafel di Tiap Gang

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Ilham
Wastafel (ilustrasi).
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Wastafel (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lurah Kampung Tengah, Jakarta Timur, Tirmidji mendukung program pembuatan wastafel di seluruh lini gang Jakarta Timur yang dicetuskan Wakil Wali Kota Jakarta Timur, M. Anwar. Menurut dia, program itu membutuhkan dana dan perencanaan yang matang. 

"Pasti akan dibutuhkan dana dan perencanaan yang matang terlebih dahulu dong. Tidak bisa dadakan. Karena Jakarta Timur ini kan luas," katanya, Senin (20/3).

Walaupun dirasa sangat menunjang program perilaku hidup bersih, dana untuk pembuatan wastafel harus diperhitungkan terlebih dahulu. Selain itu, harus ditentukan dulu titiknya di mana saja. "Dulu di RW 10 pernah saya ikutkan lomba. Karena di sana saya coba buat wastafel di beberapa titik gangnya. Dan wilayahnya memang bersih dibanding RW lainnya. Makanya, waktu itu saya berani ikutkan lomba," kata Tirmidji.

Pembuatan wastafel itu untuk menunjang kehidupan bersih masyarakat. Hal itu berkaitan dengan maraknya penyakit Tuberkulosis (TB) di wilayah tersebut. Camat Kramat Djati, Eka Darmawan mengaku sudah melakukan maping ke setiap RT dan RW yang ada di seluruh kecamatan.

"Kelurahan Kampung Tengah paling banyak warganya yang terdeteksi penyakit TB ini," katanya.

Eka merincikan, dari seluruh RW yang ada di Keluraha Kampung Tengah, RW 04 yang dirasa paling banyak warganya rawan terjangkit TB. Ini dikarenakan posisi daerah yang berdekatan dengan Pasar Induk Kramat Jati. "Karena dekat pasar, jadi harus lebih lagi dihimbaunya untuk perilaku hidup bersih," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement