Senin 20 Mar 2017 05:28 WIB

Bupati Purwakarta Ganti Patung Harimau 'Lucu' Markas di Koramil Cisewu

Patung harimau unik di markas Kodam 0611, Komando Rayon Militer 1123 Cisewu, Jawa Barat
Foto: Twitter
Patung harimau unik di markas Kodam 0611, Komando Rayon Militer 1123 Cisewu, Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi menyumbang patung harimau ke Markas Koramil Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut. Sebelumnya, patung di Markas Koramil Cisewu itu sempat menjadi dagelan natizen, lantaran penampilannya yang lucu.

"Sumbangan patung harimau ini adalah bentuk solidaritas saya sebagai anak tentara, sudah selayaknya saya lakukan," katanya saat menyerahkan patung harimau, di kantor Koramil Cisewu, Garut, Ahad (20/3).

Di antara dasar pemberian sumbangan patung harimau seberat tiga kwintal dengan panjang empat meter itu, ialah karena di depan Markas Koramil itu sebelumnya terpasang patung harimau yang lucu.

Bahkan, patung harimau berukuran kecil itu sempat menjadi dagelan netizen, sampai ada banyak netizen yang menganggap patung harimau itu lebih mirip harimau yang menjadi ikon salah satu produk biskuit dibandingkan patung harimau sebagai simbol Siliwangi.

Selain karena solidaritas kepada Korps TNI, patung harimau yang cukup besar itu juga diberikan Dedi karena dirinya merupakan Dewan Pembina FKPPI Jawa Barat. Dedi sempat mengungkapkan makna terkait simbol harimau yang digunakan oleh Korps TNI di Jawa Barat dan Banten. Simbol tersebut menurutnya bermakna nilai Siliwangi yang mencerminkan kewibawaan.

Sementara terkait tampilan patung, menurut dia, di sejumlah tempat pun masih didapati bentuk patung Maung Siliwangi yang belum terlihat gagah, bukan hanya di Cisewu.

"Nilai siliwangi itu masuk ke dalam sistem TNI di Jawa Barat dan Banten. Lambangnya harimau, ini bermakna kewibawaan. Soal tampilan saya kira bukan hanya di Cisewu, di tempat lain pun masih kita dapati patung Maung Siliwangi yang kurang refresentatif. Ini yang saya bawa merupakan simbol Maung Sancang," kata dia.

Mendapatkan sumbangan patung harimau baru dari Dedi Mulyadi, Danramil Kecamatan Cisewu, Kapten (Inf) Nandang mengucapkan terima kasih. Bantuan itu dinilai bisa menjadi motivasi tersendiri bagi jajarannya untuk lebih proaktif melakukan dharma bhakti kepada masyarakat Cisewu.

Terkait dengan patung lama yang menghebohkan netizen beberapa waktu lalu, sambil berseloroh, Nandang mengatakan bahwa patung tersebut akan dimuseumkan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement