Kamis 16 Mar 2017 09:52 WIB

KH Hasyim Muzadi Ulama yang Moderat dan Berpengaruh

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Winda Destiana Putri
KH Hasyim Muzadi
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
KH Hasyim Muzadi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Seluruh Keluarga Besar Partai Bulan Bintang berduka atas wafatnya ulama terkemuka KH Hasyim Muzadi di Malang, Jawa Timur pagi ini. Almarhum dikenal luas, bukan saja di tanah air, tetapi juga di dunia Islam sebagai pemimpin dan ulama yang moderat dan berpengaruh.

"Sepanjang saya mengenal beliau, saya terkesan dengan almarhum yang selalu menunjukkan sikap tawaddhu, sabar dan terbuka,'' kata Yusril Ihza Mahenda, Ketua Umum PBB, dalam siaran persnya, Kamis (16/3).

Menurut Yuzril, pemahaman almarhum terhadap Islam dan problema umat Islam begitu mendalam. Sehingga, Indonesia benar-benar kehilangan seorang pemimpin yang dapat diterima oleh semua kalangan umat Islam.

Ia mengaku selalu datang mengunjungi almarhum kalau datang ke Malang, Jawa Timur. Kunjungan yang singkat itu selalu dimanfaatkan untuk membahas problem-problem Islam dan bagaimana cara memecahkannya. ''Sikap terbuka dan cerdas dari almarhum banyak menginspirasi saya dalam merumuskan masalah-masalah umat dan bangsa kita seluruhnya,'' ucap Yusril.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement