Rabu 15 Mar 2017 19:41 WIB

Perayaan Ulang Tahun Spesial Devi, Kuda Nil KBS Ke-32 Tahun

Rep: Binti Sholikah/ Red: Hazliansyah
Penjaga hewan (Animal Keeper) memberi makan kepada kuda nil kerdil (Pygmy Hippopotamus) bernama Devi yang berulang tahun ke-32, di kandang peraga Kebun Binatang Surabaya (KBS) Jawa Timur, Rabu (15/3).
Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Penjaga hewan (Animal Keeper) memberi makan kepada kuda nil kerdil (Pygmy Hippopotamus) bernama Devi yang berulang tahun ke-32, di kandang peraga Kebun Binatang Surabaya (KBS) Jawa Timur, Rabu (15/3).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Salah satu satwa di Kebun Binatang Surabaya (KBS), kuda nil kerdil yang bernama Devi merayakan ulang tahun ke-32, Rabu (15/3). Hewan yang memiliki nama latin pygmy hippopotamus tersebut diberi makan istimewa oleh seorang keeper (penjaga hewan).

Humas Perusahan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS, Laily Widya Arishandi, mengatakan, makanan istimewa tersebut terdiri atas wortel, kacang panjang dan pisang. Biasanya, kuda nil tersebut sehari-hari makan rumput kremah.

“Makannya itu sehari dua kali, pagi sekitar pukul 08.00 WIB dan siang pukul 14.00 WIB. Biasanya makan rumput kremah, namun untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-32 kali ini Devi diberi makan spesial yang isinya pisang, kacang panjang dan wortel,” kata Laily kepada wartawan.

Devi tinggal di kandang berukuran 15 meter x 5 meter. Sehari-hari Devi berkubang dalam lumpur karena kuda nil merupakan hewan yang anti dengan sinar matahari. Jika terkena sinar matahari secara langsung, kulit Devi akan mengeluarkan lendir kemerahan.

Saat ini, berat badan Devi sekitar 180 kilogram. Usia kuda nil rata-rata 30 – 50 tahun. “Devi pernah sakit, tapi keeper-nya kan terus memberi vitamin dan perawatan penuh kasih sayang,” ujarnya.

Devi merupakan kuda nil kerdil yang berasal dari Singapura. Pada 1987, saat usianya dua tahun, Devi dipindahkan ke KBS sebagai fresh blood agar tidak ada perkawinan sedarah.

Setelah berada di KBS, Devi mampu berkembang biak. Sampai saat ini Devi telah melahirkan empat kuda nil. Masing-masing diberi nama Leny berusia 16 tahun, Anom berusia 14 tahun, Mery berusia 11 tahun, dan Uswatun Khasanah berusia tiga tahun.

“Sehingga jumlah kuda nil kerdil di KBS sekarang ada lima ekor,” katannya.

Dalam menyambut ulang tahun Devi, KBS menawarkan pembelian paket seharga Rp 250 ribu. Pengunjung yang membeli paket ini akan mendapat pin limited edition yang hanya tersedia tiga buah, 10 tiket masuk ke KBS dan selembar kartu ucapan ulang tahun untuk ditempelkan di kandang Devi, serta selfie di photo booth.

Selain itu, paket lainnya seharga Rp 30 ribu. Pembeli akan mendapatkan sebuah pin yang tersedia 100 buah, satu tiket masuk ke KBS, kartu ucapan ulang tahun dan foto selfie di foto both.

“Semua paket yang ditawarkan kepada pengunjung bertujuan sebagai donasi kepada satwa-satwa yang ada di KBS. Para donatur yang masuk akan menjadi bukti peran serta sahabat satwa dalam program Adopsi Satwa di KBS,” jelasnya.

Direktur Utama PDTS KBS, Chairul Anwar, berharap kegiatan perayaan ulang tahun Devi bisa menjadi permulaan perubahan KBS menjadi lebih baik.

“Dengan adanya kegiatan ini semoga KBS bisa menjadi lebih baik lagi. Kami juga berupaya untuk menciptakan kenyamanan dan keamanan pengunjung,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement