Kamis 09 Mar 2017 21:12 WIB

Normalisasi Kali di Depok Jadi Solusi Atasi Banjir

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Hazliansyah
Banjir merendam puluhan rumah di perumahan Taman Duta, Cimanggis, Depok, Selasa (23/2) malam. (foto : MgROL_54)
Banjir merendam puluhan rumah di perumahan Taman Duta, Cimanggis, Depok, Selasa (23/2) malam. (foto : MgROL_54)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Petugas Satgas Banjir Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melakukan normalisasi Kali Jantung, Kali Laya dan Kali Baru untuk mencegah meluapnya air ke pemukiman warga di kawasan Perumahan Taman Duta dan Bukit Cengkeh Kecamatan Cimanggis.

"Persoalan banjir di kawasan Perumahan Taman Duta dan Bukit Cengkeh akan terus dicarikan solusinya, salah satunya, dengan melakukan normalisasi Kali Jantung, Kali Laya dan Kali Baru yang berada di Kecamatan Cimanggis," ujar Kepala Bidang (Kabid), Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Depok, Citra Indah Yulianty di Balaikota Depok, Kamis (9/3).

Citra mengutarakan, pihaknya sudah melakukan normalisasi Kali Baru yang berada di bawah Jembatan Pal. Saat ini bisa dicek, lokasi tersebut sudah bebas sampah. Ia mengatakan pihaknya telah mengerahkan seluruh tim Satuan Petugas (Satgas) Banjir untuk maksimal mengangkat sampah.

"Perumahan Taman Duta dan Bukit Cengkeh dilewati oleh Kali Laya, sehingga membuat air luber kalau intensitas hujannya tinggi. Kali Laya dapat kiriman air dari Setu Pangarengan, Kali Jantung, dan Setu Bahar juga. Daya tampung kali terbatas, sehingga airnya luber dan mengalir ke pemukiman warga yang posisinya lebih rendah dari keberadaan kali," jelasnya.

Menurut Citra, pihaknya telah melakukan berbagai antisipasi untuk menghadapi banjir yang menjadi langganan di dua perumahan tersebut.

Keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM) tidak membuat Dinas PUPR mengabaikan laporan warga terhadap musibah yang sering datang ketika musim hujan tiba.

"Sebisa mungkin akan kami tangani dengan Satgas Banjir yang kita miliki. Mudah-mudahan warga juga bisa menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, apalagi ke kali atau sungai," pinta Citra.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement