Senin 27 Feb 2017 22:04 WIB

Pemkab Sukabumi Ingin Pusatkan Kantor Dinas di Palabuhanratu

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Irfan Fitrat
Kabupaten Sukabumi
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Kabupaten Sukabumi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Kantor instansi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi masih tersebar di sejumlah kecamatan. Bahkan, ada kantor satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang masih berada di wilayah Kota Sukabumi. 

Padahal, sudah sejak 2004 ibu kota Kabupaten Sukabumi berpindah ke Kecamatan Palabuhanratu. “Perkantoran masih tersebar, termasuk di Kota Sukabumi,” ujar Bupati Sukabumi Marwan Hamami, akhir pekan lalu.

Bupati menilai, tidak terpusatnya kantor instansi pemerintah ini berimbas pada waktu koordinasi. Ia mencontohkan, kantor Dinas Peternakan (Disnak) berada di Kecamatan Parungkuda. Waktu tempuh dari Parungkuda ke Palabuhanratu bisa mencapai sekitar empat jam. Oleh karena itu, kata dia, tahun ini akan mulai difasilitasi pemindahan kantor SKPD ke Palabuhanratu. Proses tersebut dilakukan secara bertahap dengan menyiapkan sarana yang memadai. 

Pemkab, menurut Bupati, juga bakal mengatasi sejumlah kendala yang menghambat pemindahan kantor. Misalnya, terkait pegawai yang mengeluhkan kurang lengkapnya sarana pendidikan di Palabuhanratu. Selain itu, jarangnya dokter spesialis yang mau ditempatkan di wilayah selatan Sukabumi, seperti di RSUD Palabuhanratu maupun Jampang Kulon. Terkait persoalan ini, kata dia, akan berupaya ditangani dengan peningkatan sarana dan prasarana, termasuk sumber daya manusianya. 

Bupati berharap, berbagai upaya itu dapat mendorong peningkatan laju pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sukabumi. Tren pertumbuhan ekonomi wilayah tersebut cenderung meningkat. Pada 2010, laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sukabumi sekitar 4,45 persen. Sedangkan pada 2015 bisa mencapai 4,91 persen. Sementara angka kemiskinan menurun dari 10,65 persen pada 2010 menjadi 8,94 persen pada 2015.

Menurut Bupati, pencapaian itu salah satunya dipengaruhi iklim investasi yang kondusif dan kapasitas usaha yang lebih baik. Ia mengharapkan, ke depan pembangunan di Kabupaten Sukabumi akan lebih meningkat dan baik, sehingga bisa mencapai target laju pertumbuhan ekonomi sebesar 5,1 persen. 

Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Iyos Somantri mengatakan, pemkab berkomitmen mempercepat pembangunan infrastruktur. Termasuk di dalamnya pembangunan sarana perkantoran pemerintah di Palabuhanratu. “Secara perlahan semua perkantoran Pemkab Sukabumi harus berada di Palabuhanratu,’’ kata dia.  

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement