Jumat 17 Feb 2017 16:57 WIB

KPU: Peretas tak Sampai Masuk dan Ubah Sistem Situs KPU

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Bilal Ramadhan
Komisi Pemilihan Umum
Komisi Pemilihan Umum

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Sigit Pamungkas, mengatakan sistem informasi teknologi untuk laman Pilkada Serentak 2017 aman. KPU memastikan tidak ada peretas yang berhasil masuk ke sistem informasi laman resmi KPU.

"Secara umum, KPU memastikan bahwa sistem informasi kita aman. Tidak ada peretas yang sampai masuk, merubah sistem atau merubah isi dari sistem website KPU," ujar Sigit di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Jumat (17/2).

Namun, pihaknya mengakui jika gangguan dari pihak luar yang menyerang sistem informasi dengan berbagai cara tidak bisa dihindari. "Ada yang sifatnya coba-coba. Atau memang ada yang punya maksud tertentu," lanjutnya.

Sigit berharap oknum tertentu tidak mencoba melakukan hal-hal yang mengganggu kenyamanan dalam proses Pikkada serentak. Masyarakat pun diminta memberikan dukungan untuk memperkuat sistem informasi teknologi yang sudah ada.

Dia pun menegaskan, sistem teknologi informasi KPU murni dijaga oleh pihak internal. Sigit memastikan jika tidak ada pihak  luar yang ikut membantu sistem IT KPU. "Sistem informasi kami dijaga oleh internal KPU. Sama sekali tidak ada penjagaan yang melibatkan pihak luar seperti yang diberitakan di media sosial," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement