Rabu 15 Feb 2017 08:57 WIB

Hari Pencoblosan Seperti Lebaran Bagi Warga Jakarta

Rep: Ali Mansur/ Red: Ilham
Pilkada (ilustrasi)
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Pilkada (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari ini, Rabu (15/2), sebanyak 101 provinsi, kabupaten, dan kota menyelenggarakan pesta demokrasi lima tahunan. Bagi warga Ibu Kota Jakarta, hari pemilihan gubernur ini seperti hari lebaran. 

“Ini suasananya mirip lebaran, jalanan lengang. Pagi-pagi udah pada keluar rumah, enggak cuma mau nyoblos (memilih) tapi mereka juga pergi liburan,” kata Heru Heryawan (48 tahun), warga Pondok Labu, Jakarta Selatan, Rabu (15/2).

Bapak tiga anak ini mengaku setelah menggunakan hak pilihnya, dia berencana untuk membawa keluarganya berlibur ke Kebun Binatang Ragunan. Maka dia sengaja untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) 21 lebih awal. Sehingga Heru berserta keluarganya memiliki banyak waktu untuk liburan bersama keluarga. Apalagi pemerintah menetapkan hari ini sebagai hari libur nasional.

Namun, saat ditanyakan memilih pasangan calon nomor urut berapa, dia enggan menjawabnya. Hanya saja, dia menegaskan untuk memilih Kepala Daerah yang seiman dengan dirinya. Heru memprediksikan pertarungan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta akan ketat. Kendati demikian, dia berharap Pilkada DKi Jakarta berjalan lancar dan tertib. “Siapa saja pokoknya saya milih yang seiman,” katanya. 

Rencananya, di TPS 21 Pondok Labu juga, Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Jimly Asshiddiqie akan menggunakan hak pilihnya. Kemudian mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) tersebut akan meninjau beberapa TPS di ibu kota Jakarta bersama jajarannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement