Senin 13 Feb 2017 19:06 WIB

KPU Pastikan Pilkada 2017 Berlangsung Serentak

Rep: Dian Erika N/ Red: Angga Indrawan
Logistik Pilkada. Ilustrasi.
Foto: Antara/Yudhi Mahatma
Logistik Pilkada. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ida Budiati, mengatakan pihaknya tetap optimistis Pilkada 2017 dapat terlaksana secara serentak di 101 daerah. Hingga H-2 menjelang hari pemungutan suara, distribusi logistik untuk pilkada serentak sudah hampir selesai didistribusikan. 

"Logistik untuk Aceh dan Papua sudah siap. Bahkan pada akhir pekan lalu, logistik untuk keperluan Pilkada di Papua dan Papua Barat sudah sampai di kampung-kampung," ujar Ida kepada Republika.co.id di Jakarta Pusat, Senin (13/2).

Dia menuturkan, sebagian besar logistik untuk 101 daerah penyelenggara Pilkada telah didistribusikan ke kecamatan. Sementara distribusi surat suara ke TPS dilaksanakan H-1 sebelum pemungutan suara atau Rabu (14/2). 

Sementara untuk kawasan perkotaan, surat suara dapat didistribusikan maksimal pada pagi hari sebelum waktu pemungutan suara. Ida juga mengakui jika ada beberapa daerah yang mengalami perpindahan TPS akibat bencana alam.

Menurutnya, hal tersebut wajar karena penyelenggara wajib memindahkan TPS jika terjadi bencana alam. Pemindahan ini bertujuan agar pemilih dapat menggunakan hak pilihnya. "Pada prinsipnya, setelah pemantauan dan rapat pleno, kami optimistis Pilkada 2017 tetap dapat diselenggarakan secara serentak," tambah Ida. .

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement