Kamis 09 Feb 2017 18:16 WIB

Jokowi akan Peringati Hari Sampah Nasional 2017 di Surabaya

Rep: Binti Sholikah/ Red: Andri Saubani
Presiden Jokowi
Foto: setkab.go.id
Presiden Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan hadir dalam peringatan Hari Sampah Nasional 2017 di Pantai Cumpat Kecamatan Bulak Surabaya, pada 16 Februari 2016. Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Muhamad Fikser mengtakan, semula, peringatan Hari Sampah Nasional direncanakan digelar pada 21 Februari 2017. “Jadwal acara peringatan Hari Sampah Nasional dimajukan ke tanggal 16 Februari 2017 dan lokasinya tetap di Bulak Surabaya,” kata Fikser, Kamis (9/2).

Presiden Jokowi direncanakan tiba di lokasi acara sekitar pukul 09.00 WIB. Presiden akan didamping oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo. Rombongan tersebut bakal disambut oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.

Menurut Fikser, Pemkot Surabaya telah melakukan berbagai persiapan teknis untuk menyukseskan acara tersebut. Persiapan teknis juga telah dikoordinasikan dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. “Kita tidak bisa sendiri, tapi disesuaikan dengan kepresidenan dan kementerian, karena ini acara mereka dan Surabaya hanya dijadikan sebagai lokasi acara,” jelas Fikser.

Hari Sampah Nasional 2017 nantinya akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan. Di antaranya, bersih-bersih pantai di Surabaya dan seluruh wilayah Indonesia secara serentak, serta pelaksanaan less waste event sebagai tindak lanjut kegiatan bersih-bersih. Selain itu, juga akan digelar telekonferensi Presiden Jokowi dengan Gubernur DKI Jakarta, Wali Kota Balikpapan, dan Wali Kota Manado.

Selanjutnya, acara pemberian penghargaan kinerja produsen dalam pengurangan sampah, pemberian penghargaan Bank Sampah terbaik, dan penyerahan KUR kepada KUKM Bank Sampah. Kemudian Presiden Jokowi bersama rombongan menuju lokasi Pusat Daur Ulang (PDU) Sampah berpakasitas 20 ton per hari di Jambangan Surabaya. Dilanjutkan peninjauan lapangan dan meyaksikan peresmian PDU oleh Menteri LHK sekitar pukul 11.05 WIB - 11.20 WIB.

Di samping itu, Pemkot Surabaya juga menyiapkan hal-hal teknis penyambutan para tamu yang datang agar lebih nyaman ketika berada di Bulak. Sejumlah sarana dan prasarana di Bulak juga diperbaiki. Kegiatan persiapan ini melibatkan sejumlah dinas seperti Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian juga Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement