Kamis 09 Feb 2017 15:00 WIB

Anies: Wartawan adalah Guru dari Bangsa dan Masyarakat

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Angga Indrawan
Anies Baswedan (ilustrasi)
Foto: ist
Anies Baswedan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengucapkan selamat Hari Pers Nasional kepada seluruh insan pers di Indonesia. Dia menilai, wartawan tak ubahnya seperti guru yang memiliki peran untuk mendidik masyarakat melalui informasi yang disampaikannya.

"Saya merasakan betul bahwa wartawan adalah guru dari sebuah bangsa dan guru bagi masyarakat," kata dia di Jakarta, Kamis (9/2).

Anies mengatakan, sejak kecil ia tumbuh besar di kalangan keluarga wartawan. Ia mengaku sering juga berkunjung ke Balai Wartawan di Yogyakarta. Karena itu, ia merasakan betul bahwa peran pers dalam suatu bangsa sangat besar. Pers, kata dia, berperan mencerdaskan dan memberi pengetahuan bagi masyarakat. 

"Saya berharap pers indonesia terus makin mencerdaskan, mencerahkan dan makin membuat bangsa bukan hanya berpengetahuan tapi juga makin bersemangat," katanya. 

Cagub nomor urut tiga ini menambahkan, pers harus bisa menjadi contoh bagi masyarakat. Sebagai guru, kata Anies, pers harus memberi keteladanan kepada masyarakat dengan menyampaikan informasi yang bermanfaat. 

"Saya berharap kalangan pers bisa menjadi contoh masyarakat yang terdidik. Teman-temanlah yang membuat kita lebih literate oleh banyak hal dan apa pun medianya hari ini adalah guru kita maka saya berharap bisa muncul keteladanan dari pers kita," ujar dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement