Selasa 31 Jan 2017 19:31 WIB

Ratusan Penghuni Lapas Warungkiara Dites Urine

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Irfan Fitrat
Tes urine (ilustrasi)
Foto: google
Tes urine (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Petugas Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sukabumi menggelar tes urine terhadap ratusan penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Warungkiara, Kabupaten Sukabumi, Selasa (31/1). Pelaksanaan tes urine dilakukan bersama aparat Polres Sukabumi, Koramil Warungkiara, dan petugas Lapas Warungkiara. 

“Tes urine ini sebagai upaya pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) di lingkungan lembaga pemasyarakatan,” kata Kepala BNNK Sukabumi AKBP Deni Yus Danial.

Ada 90 orang tahanan dan 343 narapidana yang menjalani tes urine. Dari hasil pemeriksaan urine, menurut Deni, ratusan penghuni lapas tersebut dinyatakan negatif menggunakan narkoba. Selain tes urine, petugas gabungan juga menggeledah seluruh blok tempat warga binaan di Lapas Warungkiara.

Deni mengatakan, program P4GN digencarkan sebagai langkah terdepan dan sangat penting dalam menghadapi ancaman kejahatan narkoba. Menurut dia, program yang dilakukan secara komprehensif tersebut berorientasi pada upaya memperkuat sistem daya tahan atau imunitas masyarakat agar tidak terpapar narkoba. Ia menyebut, pelaksanaan program tersebut diharapkan membantu mewujudkan semua lingkungan bersih dari peredaran narkoba, termasuk di wilayah Kabupaten Sukabumi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement