Selasa 31 Jan 2017 14:00 WIB

DIY Bicarakan Kerja Sama dengan Polandia

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Yudha Manggala P Putra
Keraton Yogyakarta
Foto: Republika/Imam Budi Utomo
Keraton Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Duta Besar  Republik Polandia untuk Indonesia HE. Tadeusz  Szumowski yang didampingi Prof Tadeusz Cegielski dari Warsaw University Polandia bertemu dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Gedhong Wilis Yogyakarta,  Selasa (31/1). Pertemuan itu untuk membahas kerja sama antara DIY dan salah satu provinsi di Polandia.

‘’Kedatangan kami ke sini untuk membicaraan rencana kerja sama antara Pemda DIY dengan provinsi yang ada di Polandia (red.Polandia Kecil) yang beribu kota di Krakow serta kerja sama  antar universitas dan mahasiswa di Polandia dan Yogyakarta,’’ kata Tadeusz  Szumowski pada wartawan usai bertemu dengan  Sultan HB X.

Cegielski yakin hubungan antarmahasiswa adalah masa depan hubungan antara Indonesia dan Polandia. Selanjutnya  Szumowski mengatakan Krakow merupakan kota kerajaan, kota tua dengan sejarah panjang fan merupakan kota kerajaan di Polandia.

Di samping itu Krakow juga merupakan kota pendidikan dan terdapat perguruan tinggi tertua di Polandia. ‘’Hal ini hampir sama dengan Yogyakarta. Sehingga sangat cocok  bila terjadi kerjasama antara Krakow dengan Yogyakarta,’’tuturnya.

Ia menambahkan  banyak beasiswa yang di sediakan oleh pemerintah Polandia untuk mahasiswa Indonesia, khususnya Yogyakarta. Kebanyakan beasiswa di bidang teknik, namun tidak menutup kemungkinan juga di bidang lainnya.

Beasiswa tersebut untuk dua tahun bila belajarnya menggunakan bahasa Inggris dan tiga tahun bila belajarnya menggunakan bahasa Polandia. Karena untuk belajar bahasa Polandia perlu waktu satu tahun. Ia mengungkapkan mahasiswa Indonesia yang belajar di Polandia sekitar 400 orang. Dia berharap lebih banyak lagi.

Sementara itu Prof Tadeusz Cegielski dari Warsaw University Polandia yang lahir di Krakow mengatakan berharap terjalin hubungan yang baik antara mahasiswa Yogyakarta dengan Polandia.

‘’Kebetulan saya mendapat kesempatan berdialog dengan pra mahasiswa di Universitas Negeri Yogyakarta dan saya sangat terkesan. Karena itu saya berharap di masa depan bisa terjalin hubungan antara mahasiswa Yogyakarta dengan mahasiswa di Polandia,’’tuturnya.

Selanjutnya Sultan HB X berharap adanya sister province dengan Polandia yang mempunyai sejarah panjang. ‘’Untuk kerja sama ini kami akan melakukan pendekatan dan dialog dulu. Dalam kerja sama ini harapan saya kerjasama sister province ini tidak hanya dengan Pemda DIY melainkan juga dengan perguruan tinggi yang ada di DIY,’’kata Sultan.

Sultan pun berharap  kerjasama dengan salah satu provinsi yang ada di Polandia  juga didukung oleh masyarakat dan mahasiswa di Yogyakarta. ‘’Karena dengan keterlibatan publik, kerja sama ini bisa langgeng,’’tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement